10 Hal One Piece yang Terinspirasi dari Negara Indonesia

11:43:00
Anime/Manga One Piece bisa dibilang adalah manga tersukses yang ada di dunia ini. Bagaimana tidak ? anime/manga yang menceritakan kehidupan Luffy seorang bajak laut ini sudah memiliki banyak fans dari beberapa negara, termasuk Indonesia.



Pada kesempatan kali ini, yang menurut kami karena masih suasana kemerdekaan. Maka kami ingin memberikan beberapa hal yang ada di One Piece ternyata di ambil/ terinspiriasi dari Negara tercinta kita ini....Indonesia. Apa saja kah itu ?


1. Arlong Park dan Bangunan Pura yang ada di Bali

Arlong park adalah markas tempat dari bajak laut manusia ikan yang di pimpin Arlong. Arlong adalah manusia setengah ikan yang sangat kejam, markas ini terletak di pulau konomi (East Blue).

Secara sekilas markas Arlong Park mirip dengan Pura (peribadatan umat Hindu) yang ada di pulau Bali.


2. Enel

Enel adalah Dewa dari Skypea, yang merupakan tokoh antagonis utama dari ARC Skypea. Dia adalah pemilik kekuatan petir yang sangat dahsyat, maka dari itu dia sering disebut Gods Enel (Dewa Enel) di Pulau skypea dan sangat ditakuti penduduk tersebut.

Hal yang menginspirasi dari Indonesia di Enel adalah :
1. Celana Enel - Celana Enel memiliki motif dengan batik parang yang banyak di produksi di Jawa tengah. Motifnya yang kas Indonesia bisa langsung dikenali pada saat kita melihatnya pertama kali.

2. Telinga - Telinga enel memiliki kemiripan dengan tradisi di Suku Dayak (Indonesia) yaitu memanjangkan cuping telinga. Proses pemanjangan cuping telinga dilakukan dari bayi, dengan memberi pemberat pada telinga berupa logam sehingga cuping telinga lama-kelamaan cuping telinga akan semakin melebar dan memanjang.
Seperti suku Dayak, telinga dewa Enel pun panjang dengan ujungnya yang terdapat logam pemberat yang bewarna kuning keemasan.


3. Suku Shandia dengan suku Dayak

Suku Shandia adalah penduduk asli dari pulau Jaya yang melindungi kota emas Shandora yang dilakukan secara turun temurun. Suku Shandia adalah musuh dari Enel yang memperebutkan tanah lelehur mereka. Mereka digambarkan sebagai warga yang kuat dengan tokoh yang bertelanjang dada dan memakai busana rumbai-rumbai dengan senjata mereka yakni tombak dan tameng.

Penampilan busana dan senjata dari suku Shandia mirip sekali dengan yang ada di Suku dayak.


4. Burung South Bird dengan Burung Rangkong

Burung South Bird adalah hewan unik yang ada di Pulau Jaya, burung ini adalah penunjuk jalan untuk mencapai Skypea. Burung ini memiliki ciri dua benjolan aneh dikepala dan paruh yang sangat besar.

Burung South bird ini memiliki kesamaan dengan burung Rangkong. Burung rangkong adalah hewan khas Endemik dari pulau Kalimantan, Indonesia.


5. Markas besar Duval dengan Rumah adat Nias (Omohada)

Flying Fish Raiders adalah kelompok pencuri yang ada di sekitar Pulau Shanbondy, yang dipimpin oleh Duval. Duval sendiri memiliki dendam kepada salah satu Kru topi Jerami yakni Shanji.

Flying Fish Raiders yang dipimpin oleh Duval, memiliki markas besar yang sangat mirip dengan rumah adat Khas Nias yang bernama Omohada. Bangunan Omohada sendiri adalah bangunan yang jaman dahulu dimiliki penduduk Pulau Nias yang melambangkan kekayaan dan pengaruh dari pemilik rumah.


6. Baju Buggy dan Baju adat Madura

Selain Enel yang memakai celana motif batik Indonesia, karakter OP lainnya juga tercatat memakai pakaian Indonesia. Lihat saja Buggy sebelum time skip, terlihat Buggy sangat pas dengan baju lorek-lorek merah putih yang sangat mirip dengan baju adat khas Madura.


7. Reverse Mountain dan Air Terjun Mursala (Tapteng, Sumut)

Siapa sangka Reverse Mountain yang merupakan tempat masuk untuk menuju Grand Line terinspirasi dengan air terjun Mursala yang ada di Indonesia. Kedua Air terjun ini memiliki kesamaan yakni ari terjun yang sama-sama melewati batu yang keras dan air terjun yang langsung menuju kelaut. Air terjun yang langsung menuju kelaut cuman ada di Indonesai LHOOO.


8. Jaya Island dan Pulau Irian Jaya

Dari namanya saja sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia, Jaya island/Pulau jaya adalah salah satu pulau yang didatangi Luffy dkk di Arc Skypea. Pulau jaya ini memiliki kesamaan iklim dan suasana dengan pulau Irian jaya yang ada di Indonesia.

Selain iklim dan suasana, pulau Jaya dikenal dengan sebutan pulau emas yang mana kita ketahui juga Irian Jaya adalah salah satu pulau penghasil emas yang ada di Indonesia.


9. Bunga Rafflesia

Bunga Rafflesia adalah bunga endemik dari Indonesia yang sudah sangat terkenal di Dunia. Tak heran salah satu jurus Usop yaitu Midoriboshi Rafflesia yang memang terinpirasi dari Bunga Indonesia yang satu ini.


10. Nemomamushi dan Rumah adat Gadang (Minangkabau, Sumbar)

Rumah milik Nekomamushi yang merupakan penjaga Whale Forest ini memiliki desain yang sangat mirip dengan desain rumah adat Gadang dari Minangkabau, Sumatera Barat. Rumah adat Gadang sendiri adalah rumah adat yang sudah cukup terkenal di Indonesia dan Dunia, maka tak heran rumah yang satu ini bisa menginspirasi One Piece. Apalagi Eiichiro Oda terkenal dengan pengambilan inspirasi dari berbagai belahan dunia.


Itulah 10 Hal dari Indonesia yang menginspirasi dalam pembuat karya One Piece, apakah sobat memiliki hal lain yang ada di One piece yang di ambil dari Indonesia ? share di kolom komentar.

10 Hal One Piece yang Terinspirasi dari Negara Indonesia Oleh Ryuzaki no Shisoka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
8 September 2017 at 12:49 delete

Indonesia memang keajaiban dunia, perlu waktu puluhan tahun utk menjelajahinya..
Pantes menjadi Inspirasi bagi banyak hal..

Reply
avatar
20 September 2017 at 02:53 delete

Wihhh. Bangga lah jadi org indonesia

Reply
avatar