Misteri Terbongkar! Rahasia Dinding Pelindung Manusia di Anime Attack on Tittan Terungkap

06:27:00

Pada awal kemunculan cerita Singeki no Kyojin atau Attack on Tittan digambarkan bawasannya umat manusia berada dalam keadaan hampir punah dan sangat terdesak karena serangan para Tittan. Dalam plot cerita tersebut tergambarkan umat manusia yang berlindung di dalam dinding tinggi guna menghalau para Tittan. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana tembok itu ada dan siapa yang membuatnya. Disini kami akan mencoba mengulas satu per satu guys.

3 Lapisan Dinding

Dinding yng melindungi umat manusia itu terdiri dari 3 lapis yang masing masing lapisan memiliki distrik, atau wilayah yang sedikit mencuat keluar dari lingkaran. Setiap lapisan dinding tersebut memiliki nama dan mempunyai kekuatan yag berbeda. Semakin dalam lapisan dinding maka akan semakin kuat dinding tersebut.walau begitu, untuk dinding terluarnya juga sudah sangat kuat, dengan tinggi yang mencapai 50 meter cukup mumpuni untuk melindungi manusia dari serangan tittan.


1. Dinding Maria

Dinding Maria adalah dinding bagian paling luar yang menghadang para raksasa secara langsung. Tingginya sekitar 50 meter dan jaraknya dari dinding kedua kira-kira 100 kilometer. Selama ini, tidak ada Titan yang dapat menembus dinding tersebut. Umat manusia hidup dengan damai selama satu abad penuh. Kehidupan di sana berlangsung baik-baik saja. Namun, Titan Kolosal tiba-tiba muncul dan berhasil melubangi dinding ini. 
Pada awalnya, hanya bagian paling luarnya saja yang di jebol oleh Tittan Kolosal, namun hal itu cukup untuk membuat keributan. Para Titan dari luar mulai merambah wilayah yang dilindungi oleh Dinding Maria, pada akhirnya Armor tittan berasil menjebol dinding utama Maria, termasuk di antaranya adalah distrik Shinganshina dan Quinta. Kekacauan pun tidak dapat dihindarkan. Para raksasa terus memburu manusia untuk dimakan.

2. Dinding Rose

Setelah Dinding Maria berhasil ditembus oleh Titan dan merenggut banyak nyawa penduduk di sana, warga yang berhasil selamat mengungsi ke wilayah yang dilindungi Dinding Rose. Tentu saja hal ini menyebabkan wilayah manusia semakin sempit dan membuat SDA semakin berkurang, hal ini sangat merugikan bagi umat manusia. Sesudah 5 tahun berlalu, Titan Kolosal kembali muncul dan melubangi Dinding Rose. Walaupun upaya tittan untuk menjebol dinding utama Rose berhasil digagalkan, namun hal ini tetap merugikan manusia karena salah satu distrik luar Rose berhasil dikuasai Tittan karena jebolnnya diding Rose bagian luar. Meski begitu, pasukan militer berusaha merebut kembali wilayah Dinding Rose. Jarak dari Dinding Rose ke dinding utama adalah sekitar 130 kilometer.

3. Dinding Sina

Dinding Sina adalah tempat untuk melindungi Raja, Menteri, dan orang-orang penting lainnya. Bisa dibilang, wilayah ini merupakan yang paling makmur, indah, dan aman. Masyarakatnya pun bukanlah rakyat biasa. Kebanyakan mereka adalah pejabat pemerintah, bangsawan, pengusaha, ilmuwan, insinyur, tenaga medis, dan orang kaya. Pasukan Militer terbaik pun dipilih untuk melayani Raja dan melindungi bagian paling dalam ini. Dinding Sina mempunyai diameter sekitar 250 kilometer.

Sejarah Dinding


Dalam versi manga terlah terkuak bawasanya yang membuat dinding itu adalah Raja pertama yang merupakan Tittan Shifte. Titan Shifter adalah orang yang mempunyai kemampuan khusus untuk berubah menjadi Titan. Dengan mengerahkan seluruh kekuatan koordinasi miliknya, Raja Pertama mampu mengendalikan banyak Titan untuk berbaris membentuk tiga lingkaran dengan sisa umat manusia di dalamnya. Setelah sesuai dengan rencananya, Raja Pertama kemudian membuat kulit para Titan mengeras hingga menyerupai beton. Lalu, dikuburlah mereka dengan cairan semacam semen. Mulai sejak itu, terciptalah Dinding Maria, Rose, dan Sina yang menjadi pelindung umat manusia dari dunia luar. Jika kalian menonton animenya, pastilah kalian melihat muka dari seorang tittan yang ada di dalam dinding, Muka tittan itu muncul dari lubang yang ada di dinding yang dikarenakan rusak akibat pertarungan antara Eren dan Annie yang bertarung dengan bentuk Tittan.

Alasan kenapa manusia yang tinggal didalam dinding tidak mengetahui kebenaran ini adalah karena sang Raja menggunakan kekuatannya untuk menghapus ingatan manusia tetang dunia luar dan asal muasan dinding pelindung. Hal ini menyebabkan para manusia beranggapan bahwa dinding ini adalah anugrah dari Tuhan untuk melindungi mereka. Namun bukan berarti semua orang tidak mengetahui kebenaran dinding itu. Ada segelintir orang yang mengetahui kebenarannya, namun asiknya cerita SnK itu disini, menguak kebenaran serasa sangat sulit dan bikin greret. Kalian pasti melihat ekspresi seorang pemuka yang mengagung agungkan dinding setelah dinding itu terlubangi dan terlihat muka tittan ( awal S2 ). Yap, sepertinya dia mengetahui kebenaranya. Namun dia enggan mengatakan yang sebenarnya.

Sebenarnya kebenaran ini akan menguak misteri asal muasal Tittan. Namun disini kita hanya fokus membahas dinding saja. Sedikit saja, Setelah Raja pertama mati, dia menurunkan kekuatan Tittannya. Caranya adalah dengan menyuntikkan cairan khusus ke tubuh seseorang. Orang yang disuntik cairan khusus tersebut bakal berubah menjadi titan, ya seperti kasus yang dialami oleh Eren. Adapula Hubungan antara dinding dengan Eren yang merupakan Tittan yang mempunyai kekuatan Coordinate, hal ini memungkinkan Eren mampu menggerakan tittan, termasuk Tittan dalam dinding.

Misteri Terbongkar! Rahasia Dinding Pelindung Manusia di Anime Attack on Tittan Terungkap oleh Bureka no Yuuji



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »