Apa itu Ninjutsu, Taijutsu, Genjutsu, dan jutsu lainnya di Naruto

18:32:00
Bagi penggemar Anime Naruto pasti sering dong dengar istilah seperti Ninjutsu, Taijutsu, Genjutsu, jutsu, jutsu, jutsu lainnya kan ? Sebenarnya itu apa sih?
Jadi seperti ini sobat ragons, di anime Naruto itu, seorang shinobi memiliki kemampuan untuk mengeluarkan jutsu/jurus untuk melawan lawannya. Dan yang harus sobat ketahui, perlu minimal bagi seorang ninja atau Shinobi untuk menguasai/paham akan 3 jutsu utama, yaitu Ninjutsu, Taijutsu, dan Genjutsu. Lalu apakah arti dari semua istilah tersebut ? berikut kami rangkumkan jenis jenis jutsu di anime Naruto.
Apa itu Ninjutsu, Taijutsu, Genjutsu, dan jutsu lainnya di Naruto
1. Ninjutsu
Ninjutsu

Ninjutsu merupakan tehnik Ninja di Naruto yang mana penggunaanya memerlukan chakra dan membolehkan pengguna untuk melakukan hal yang berlawanan dengan hukum fisika, semisal membuat pusaran angin di tangan (mengumpulkan chakra ditangan/rasengan). Di anime Naruto sendiri ada 5 jenis chakra dasar : Api (Katon), Air (Suiton), Tanah (Doton), Petir (Raiton), dan Angin (Fuuton). Tetapi seorang ninja yang memiliki lebih dari satu chakra dasar dapat menggabungkannya dan membentuk jenis chakra lainnya (Kekkei Genkei), contohnya Senju Hashirama Elemen Kayu (Mokuton) dia menggabungkan chakra jenis air dan tanah, sehingga membentuk chakra jenis kayu.

Contoh dari Ninjutsu :
Rasengan


2. Taijutsu
Taijutsu

Taijutsu merupakan sejenis seperti seni bela diri jika didunia nyata, dalam penggunannya pengguna tidak usah menggunakan segel tangan, yang biasa dilakukan saat akan menggunakan ninjutsu. Cukup hantam lawan dengan kekuatan otot dan seni beladiri yang dimilikinya saja. Biasanya pengguna juga tidak memakai chakra dalam penggunaanya. Pengguna taijutsu sejati di anime Naruto merupakan : Rock lee dan Mighty Guy dimana kedua ninja tersebut hanya menguasai jutsu taijutsu saja (tidak menguasai ninjutsu dan genjutsu).

Contoh dari Taijutsu
Konoha Senpuu


3.Genjutsu

Genjutsu

Genjutsu merupakan tehnik yang menggunaka chakra untuk mengganggu aliran chakra lawan sehingga lawan terjebak dalam sebuah ilusi (dalam dunia nyata layaknya hipnotis). Di Konoha sendiri pemakai genjutsu yang handal terlahir dari keluarga uciha, walaupun tidak semuanya berasal dari uciha contoh saja Yuhi Kurenai yang bukan uciha tapi mampu menggunakan genjutsu dengan baik.

Contoh dari Genjutsu
Tsukuyomi

4. Senjutsu
Senjutsu


Adalah jutsu dimana pengguna bisa merasakan energi alam dan mengumpulkannya untuk dijadikan kekuatan tambahan si pengguna. Dalam penggunaanya, si pengguna jutsu akan menyatu dengan energi tersebut, semisal energi inti adalah sebuah katak maka pengguna akan menyerupai katak dalam penggunaanya, tetapi jika pengguna dapat lebih mengontrol penggunaan jutsunya maka hanya akan ada tanda warna orange di kelopak matanya. Tehnik Jutsu ini mampu meningkatkan 3 Jutsu Utama Ninja yaitu (Ninjutsu, Taijutsu, dan Genjutsu).

Contoh dari Senjutsu : 
Naruto saat melawan pain

5. Doujutsu
Doujutsu

Doujutsu adalah sebuah jutsu yang tidak semua ninja dapat mempelajarinya, berbeda dengan senjutsu yang bisa dipelajari oleh semua orang, Doujutsu hanya bisa digunakan oleh mereka yang merupakan keturunan dari keluarga yang memiliki Doujutsu, semisal uciha. Yap bisa dikatakan semua uciha yang mampu mengaktifkan sharingannya adalah pengguna doujutsu. Pengertian dari doujutsu sendiri adalah sebuah tehnik mata yang dimiliki oleh ninja di Anime Naruto.

Contoh dari Doujutsu : 
Sharingan Sasuke


6. Hijutsu
Hijutsu

Hijutsu merupakan tehnik rahasia dalam penggunaan ninjutsu

contoh dari Hijutsu adalah : 
Shikijijun jutsu yang dimiliki oleh Hashirama

7. Kenjutsu
Kenjutsu

Jutsu ini merupakan jutsu yang berkaitan dengan tehnik, yap Kinjutsu merupakan tehnik dalam penggunaan pedang, penggunanya tidak dibatasi dengan turunan atau apapun itu, semua bisa mempelajarinya entah itu ninja maupun samurai atau bahkan orang biasa, bisa mempelajari jutsu ini. Kenjutsu dapat dikombinasikan dengan Ninjutsu, Taijutsu, maupun Genjutsu untuk hasil yang lebih maksimal.

Contoh dari Kenjutsu : 
Mikazuki no mai yang di gunakan hayate gekou saat bertarung melawan baki


8. Kugutsu
Kugutsu

Sama halnya dengan Kenjutsu, Kugustu juga merupakan jutsu yang berkaitan dengan tehnik. Jika Kenjutsu dengan pedang, maka Kugutsu berkaitan dengan boneka. Mekanisme tehnik ini yaitu menyalurkan chakra pengguna ke tubuh sebuah boneka untuk dikendalikan secara jarak jauh untuk melawan musuh. Biasany banyak boneka yang dapat dikendalikan pengguna menggambarkan kemampuan/keahlian pengguna, semakin tinggi keahlian yang dimiliki pengguna maka hanya dengan satu jari saja maka boneka dapat dikendalikan (Contoh Nenek Chiyo).

Contoh dari Kugutsu adalah :  
hiruko, boneka kalajengking yang di pakai sasori dan di jadikan senjata


9. Kinjutsu
Kinjutsu

Kinjutsu adalah sebutan untuk sebuah jutsu terlarang. Banyak sekali didunia Naruto, alasan bagaimana jutsu bisa disebut terlarang, semisal karena penggunanya bisa meninggal, atau dalam penggunaanya bisa dengan mayat.

Contoh dari Kinjutsu adalah : 
Kuchiyose Edotensei


10. Fuinjutsu
Fuinjutsu

Fuinjutsu adalah jutsu untuk menyegel sebuah obyek oleh penggunaanya. Salah satu klan yang sangat berbakat dalam hal fuinjutsu adalah Uzumaki, oleh sebab itu karena kengerian fuinjutsu dari klan ini, maka klan ini dimusnahkan dan menyebar ke berbagai wilayah termasuk Konoha.

Contoh dari fuinjutsu:
Shikifujin yang di pakai minato namikaze untuk menyegel setengah cakra kyubi ke dalam tubuhnya.
Apa itu Ninjutsu, Taijutsu, Genjutsu, dan jutsu lainnya di Naruto oleh Ryuzaki no Shisoka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »