Bungou Stray Dogs ! Anime yang Penuh Fantasi dan Teka Teki

18:51:00
Bungou Stray Dogs

Kalian tau anime ini? Begitu tanggal rilisnya anime ini menjadi tujuan penting untuk aku dapatkan. Anime ini memiliki plot dan alur cerita yang seru, karena sesuai dengan apa yang aku harapkan. Tema utama dalam anime ini adalah detektif,wuw bisa tuh buat nebak nebak suatu misteri. Yup tapi tunggu dulu, anime ini tak sebatas detektif belaka. Kenepa emang? Itu yang akan kita bahas tuntas disini.


Plot Cerita
Bungo Stray Dogs atau biar kita gampang bahasnya kita sebut saja BSD adalah anime yang dirilis sebanyak 24 eps secara keseluruhan, dan di serialisasi secara bertahap yaitu dalam tahun 2016 sebanyak 12 eps atau kita sebut saja S1 dan dalam 2017 sebanyak 12 eps atau S2. Sebenarnya S2 merupakan kelanjutan dari S1-nya, namun dalam segi cerita sendiri dapat dipisah karena memang dalam season ke 2-nya lebih mengerucut dalam penampakan masalahnya.

Dalam garis besar, Season 1 lebih mengerucut ke pengenalan tokoh, dan berisi cerita mengenai masalah antara Port Mafia dan Agensi Detektif. Yah walau bisa dikatakan bahwa itu adalah pemunculan konfik pertama. Sementara dalam Season ke 2, lebih dalam penujuan konflik baru, yaitu perjuangan Port Mafia yang bekerja sama secara sementara dengan anggota Agensi Detektif dalam mepertahankan kota dari serangan kapal paus Moby Dick.

Namun dalam ceritanya lebih sperti berjalan semua, saya tidak tau ini kelebihan atau kekurangan tapi dalam anime ini, atsusi selaku pemeran utama lebih condong ke pemeran sampingan yang mendadak menjadi pemeran utama. Kenapa? Bisa dilihat pada awal cerita yang menjadi misteri adalah Dazai, lalu ada juga pemeran lain yang seolah olah merebut kursi pemain utama secara sementara.
Sinopsis

Season 1
Nakajima Atsushi diusir dari panti asuhan. Sekarang ia tidak memiliki tempat tinggal. Saat sedang di tepi sungai, ia melihat seorang pria yang mencoba bunuh diri. Nakajima pun menyelamatkan pria itu, yang ternyata adalah agen detektif khusus. Pria itu bernama Dazai Osamu, seorang yang memiliki kekuatan supernatural dan bertugas menyelesaikan kasus-kasus yang terlalu berbahaya untuk ditangani polisi atau militer. Pertemuan Nakajima dengan Dazai membuatnya terlibat dengan berbagai kasus berbahaya.

Season 2
Kelanjutan dari season 1 yaitu Atsushi, Dazai dan anggota Agen Detektif Bersenjata lainnya kembali melanjutkan tugas mereka sebagai detektif khusus. Namun kali ini musuh yang mereka hadapi tak hanya Port Mafia, tapi juga Guild kuat dari Amerika Utara.
Grafik Animasi
Dalam penilaian grafik animasinya dapat disimpukan pas dengan kondisi dan keadaan alur ceritanya, dimana cerita Detektif, Super power dan Gangstar bercampur dengan nuansa pertengahan dan konflik mafia menjadi sangat pas jika digambarkan dalam bentuk grafik seperti ini. Pemunculan efect kekuatan pun tidaklah amatiran dimana hanya seperti cahaya kilat belaka, namun memiliki Art dan warna tersendiri dalam menggambarkan keadaan masing masing kekuatan. Namun dalam waktu waktu tertentu terkadang mempunyai kekurangan.

Tokoh
Dalam pembuatan tokoh bisa dikatakan hampir dikatakan bisa dibagi 2 belah pihak, dimana terdapat sekumpulan orang yang penuh misteri dan orang yang tidak, namun ini dapat dipadukan dengan comedy yang pas ketika seseorang yang penuh misteri ini seperti mengejek golongan yang tampak biasa biasa saja, bahkan pemikirannya yang Rasional terkadang menjadi irasional bagi seorang yang biasa, seperti contoh dalam penggambaran Dazai Osamu yang memilki segudang misteri teka teki, serta pemikirannya yang jauh lebih kedepan dalam menghadapi suatu konfik sering kali membuat seseorang disampingnya bingung dan menganggapnya konyol, padahal itulah hal yang paling rasional bagi semua orang jika mengerti apa maksud aslinya jika dijelaskan.
Karakter

Akan saya tampilkan sedikit mengenai tokoh dalam anime ini.
Dazai Osamu

Nakajima Atsushi

Akutagawa Ryuunosuke

Edogawa Ranpo

Kunikida doppo

Musik

Baik sountrack maupun Soun efeck mempunyai ciri khas yg cukupu terutama dalam efect. Namun dalam endingnya kurang membuat nyaman, karena lebih ke pernyataan cerita sedih padahal tidak sepenuhnya cerita dalam BSD itu menyedihkan, bahkan lebih ke menggugah semangat. Sementara untuk openingnya lumayan.

udahan AHHH... hehehe

Bungo Stray Dogs ! Anime yang Penuh Fantasi dan Teka Teki oleh Bureka no Yuuji

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »