Apa Itu Haki? Penjelasan dan Info Unik Seputar Haki

20:54:00
     Yo Minna.. apa kabar nih? Kalian penggemar one piece? Pastinya tau dong sama Haki... kalo yang udah tau ataupun Belum, yah ini saya sajikan buat kamu tentang Apa itu Haki? Pastinya artikel ini bisa menambah informasi tentang One Piece buat kalian yang kurang jelas atau kurang paham... yah berikut adalah ulasan dan info seputar Haki :
Definisi Haki.


     Apa sih Haki? Haki adalah tenaga dalam yang terdapat pada semua mahluk hidup tapi terkadang mereka sendiri tidak sadar mereka memiliki kekuatan tersebut. Seperti kata Rayleight
     "Haki adalah kekuatan yang terpendam dalam diri setiap manusia, "naluri", "semangat juang", dan "kekuatan untuk memaksa". Itu semua adalah sensasi yang sudah pasti manusia miliki. Tapi, hampir sebagian besar manusia tidak menyadari kekuatan itu. Atau mungkin mereka menghabiskan hidupnya untuk menarik keluar kekuatan itu, tapi tetap tak bisa. Secara garis besar, Haki terbagi menjadi dua jenis (Kenbunshoku dan Busoshoku)."
Bagaimana Haki Mulai Terkenal?
     konsep Haki sebenarnya sudah diperlihatkan oleh oda semenjak petualangan luffy dan kawan kawan di pulau langit skypie, yang saat itu kelompok topi jerami harus berhadapan dengan Enel yang mengaku diri nya sebagai Dewa. Disana diceritakan bahwa Enel dapat memprediksi semua serangan yang dilancarkan oleh luffy, selain itu dia juga dapat mengetahui bagaimana kondisi di tempat lain. kemampuan yang dimiliki oleh enel itu disebutnya sebagai mantra. Selain Enel beberapa anak buah nya juga ada yang memiliki kemampuan mantra juga, ada pula aisa anak kecil keturunan dari bangsa Shandian.
     Setelah kejadian di pulau langit tersebut hanya beberapa kali konsep haki dikeluarkan lagi oleh oda, seperti ketika garph memukul luffy ketika di Water 7. luffy yang seorang pengguna buah iblis gomu-gomu no mi atau  manusia karet dapat merasakan sakit ketika dipukul oleh kakeknya tersebut.
     Namun jika deperhatikan lagi, haki sudah diperlihatkan pertama kali ketika shanks menyelamatkan luffy ketika luffy di lempar ke laut oleh bandit gunung, ketika itu moster laut datang . Untuk memakan luffy tapi shanks berhasil menyelamatkan luffy dengan mengorbankan tangan nya. setelah itu shanks menggunakan haoshoku haki untuk mengintimidasi monster laut tersebut.

     Tapi pada saat itu konsep haki belumlah ada, masih bisa disebut dengan kekuatan yang misterius. istilah haki pertama kali disebut oleh trafalgar law ketika melihat reylight menggunakan haoshoku haki untuk melumpuhkan orang-orang jahat di gedung pelelangan.
Bagaimana Cara Memperoleh Haki?
     Pada dasarnya setiap manusia memiliki haki didalam dirinya, akan tetapi haki tersebut masih "tertidur" dan jarang bagi kebanyakan orang yang pernah mangaktifkannya. ada beberapa hal yang bisa membangunkan haki yang "tertidur" tersebut salah satunya ketika sedang seseorang tersebut sedang terdesak sehingga secara tidak sadar dia membangunkan haki yang "tertidur" tersebut. selain itu manusia juga dapat mengaktifkan haki dengan cara berlatih secara rutin dan serius untuk mengeluarkan haki. Namun bagi seseorang yang telah menderita truma akibat perang atau sesuatu, itu juga dapat dijadikan sebagai pemicu muculnya kekuatan Haki.
     Dalam hal ini terdapat pengecualian. Yaitu untuk kemunculan Haki Haoshoku. Haki ini hanya dapat dibangkitkan oleh orang orang tertentu saja. Seperti halnya Luffy, haki pertama kali yang diaktifan Luffy adalah Haoshoku, yaitu ketika Luffy menghadapi Duval yang ketika itu sedang menunggangi banteng ganas yang akan menabrak luffy. selain ketika menghadapi duval luffy juga mengeluarkan haki ketika menghadapi Boa Marigold dan Boa Sandersonia, kakak beradik dari bajak laut kuja dan ketika luffy berada di marineford saat ace hendak di eksekusi oleh angkatan laut. Walaupun sewaktu kemunculan ketiga hal tersebut tidaklah secara disengaja.
Jenis Haki.
Haki bisa di bedakan menjadi 3 jenis yaitu:
1. Kenbunshoku Haki

     haki jenis pertama ini merupakan jenis haki yang mengandalkan indra ke enam yang dimiliki oleh manusia. Dengan Haki ini, seseorang dapat mengatahui keberadaan mahluk yang berada di sekitarnya ,walau mahluk itu tak terlihat sekali pun, Haki ini juga bias berguna untuk membaca gerakan lawan.Kekuatan ini sangat berguna untuk pertarungan dan mencari seseorang. Kekuatan ini di skypie disebut “Mantra”. Jadi intinya seperti menggunakan Sensorik.
2. Busoshoku Haki

     Haki jenis ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan semangat yang dimiliki nya untuk dijadikan sebagai perisai dalam mempertahankan diri dari serangan dan juga pengguna yang menggunakan haki jenis ini dapat membuat serangan yang lebih kuat.
     Untuk penggunaanya, bisa digunakan untuk memperkeras sebagian atau seluruh bagian tubuh. selain itu juga bisa di salurkan ke sebuah senjata, seperti pedang.

     Bagi orang yang menggunakan buah iblis terutama buah iblis logia mereka merasa dirinya tak terkalahkan karena mereka tidak dapat disentuh oleh musuh. Akan tetapi masalah tersebut sekarang telah terpecahkan,karena Busoshoku Haki merupakan kelemahan yang fatal bagi pengguna buah iblis tipe Logia. jadi pengguna buah iblis logia bukan lagi menjadi masalah bagi mereka yang bisa menggunakan busoshoku haki. Kerena dengan menggunakan haki ini si pengguna dapat menyentuh tubuh asli pengguna buah logia.
     Selain berdampak bagi pengguna buah iblis logia, pengguna buah iblis lain nya pun dapat merasakan dampaknya apabila menerima serangan dari pengguna busoshoku haki. hal ini terlihat ketika Rayleight menghentikan admiral kizaru yang mencoba menangkap kelompok topi jerami di pulau Sabaody.
     Ketika sebelum timeskip busoshoku haki tidak terlalu terlihat seperti apa sebenarnya bososhoku haki itu. tapi setelah timeskip dikenalah istilah "koka" atau menghitamnya bagian tubuh yang menggunakan haki tapi jarang pengguna busoshoku haki dapat menghitamkan seluruh anggota tubuhnya, biasanya hanya beberapa bagian saja. salah satu orang yang dapat menggunakan bososhoku haki secara full yaitu vergo, wakil laksamana angkatan laut dan juga mata-mata dari bajak laut Donquixote yang dimpimpin oleh Donquixote Doflamingo.
3. Haoshoku Haki

     Jenis haki terakhir ini merupakan jenis haki yang tergolong langka, karena Haoshoku haki ini tidak dapat dilatih seperti halnya dua jenis haki sebelumnya. Haki jenis ini hanya muncul satu dari jutaan orang. secara umum, haki ini memiliki kemampuan untuk melakukan intimidasi kepada lawannya.
     Haoshoku Haki biasa juga disebut sebagai Haki raja, karena pada biasanya pemilik haki ini hanya orang-orang tertentu yang memiliki semangat luar biasa untuk mencapai tujuannya. Bisa dikatakan juga bahwa haki ini adalah salah satu penentu seseorang agar menjadi seorang raja bajak laut.
Pengguna
Untuk sementara ini, contoh pengguna Haki secara pasti adalah:
1. Monkey D Luffy
2. Rayleight
3. Monkey D Garp
4. Shanks
5. Trafalgar D Water Law
6. Vergo
7. Donquixote Dofflamingo
8. Sanji
Dan lain sebagainya.

Ok. Gimana dengan artikel ini? Cukup puas? Apakah menambah wawasan kalian? Boleh kalian tinggalkan komentar dibawah ini... bye bye sayonara.

Apa Itu Haki? Penjelasan dan Info Unik Seputar Haki oleh Bureka no Yuuji

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »