Teori Fisika Relativitas Einstein di Pertandingan Shinra Kusakabe vs Shō Kusakabe

16:37:00
Shinra Kusakabe vs Shō Kusakabe

Pada episode 21-23 di anime Enn Enn no Shouboutai (Fire Force), Shinra bertemu adiknya, Shō, untuk bertanding. Pertandingan ini terjadi karena Shinra bertujuan untuk membawa pulang Sho, sedangkan Sho bertujuan untuk membawa Shinra ke Pendeta Sucinya.  Pada awal-awal pertandingan terlihat Sho udah mendominasi pertandingan, karena dengan kemampuan membekukan waktunya dia dengan mudah menyerang kakanya. Tapi, Shinra sendiri orang yang gak mudah menyerah dengan tekadnya dia berhasil masuk ke "dunia tanpa gerakan" yakni dimensi di mana Sho membekukan waktunya. Nah bagaimana hal ini bisa terjadi? apa hubungannya dengan Teorinya Relativitas Einstein? selain itu ketika Shinra masuk ke "dunia tanpa gerakan" karena saking cepatnya dia bergerak, tubuhnya hancur ke tingkat partikel tp karena suatu hal dpt terbentuk kembai, bagaimana bisa terjadi?

Pertandingan itu sendiri ditonton oleh Professor Viktor Licht, yakni peneliti dari Divisi Penelitian dari Pasukan Pemadam ke Delapan. Dia sambil menonton juga menjelaskan tentang fenomena yang terjadi antara Shinra dan Sho. Kata prof. Licht karena Shinra memasuki kecepatan cahaya dia bisa memasuki dimensinya Sho di mana waktu membeku, dan ketika tubuhnya hancur dia juga memasuki kecepatan melebihi kecepatan cahaya, sehingga waktu berjalan mundur ke kondisi di mana tubuh Shinra masih normal di situ kenapa tubuh Shinra kembali ke bentuk awal. Menurut penjelasan prof. Licht di sini, sepertinya dia merujuk ke teori di sains yang namanya "Relativitas" yang dicetuskan oleh Einsten. Jadi, pada Teori Relativitas Khusus-nya Einstein terdapat yang namanya Dilatasi Waktu. Dilasi Waktu adalah fenomena yang terjadi ketika pengamat bergerak mendekati kecepatan cahaya menyebabkan waktu melambat sedemikian rupa.


Untuk lebih jelasnya mari liat rumus dilatasi waktu, tenang saya akan menjelaskan semudah mungkin sehingga kawan-kawan semua akan memahaminya.

t': adalah waktu pengamat yang diam

t: adalah waktu pengamat yang bergerak

v: adalah kecepatan pengamat yang bergerak

Nah liat rumusnya, ketika v mendekati c (kecepatan cahaya, misal:0.9c) maka 1-(0.81 c^2)/c^2 menjadi 0.19. Nah t' = 1/0.19t atau sama dengan t'=5.263t. Apa maksudnya angka ini? nah maksudnya dengan t=1 detik maka t'=5 detik. Dengan kata lain ketika pengamat yang bergerak dengan kecepatan 0.9 c bergerak dalam waktu selama satu detik maka pengamat yang diam akan sudah bergerak 5 detik. Dengan v yang terus mendekati c, maka bisa jadi 1 detiknya orang yang bergerak cepat berpuluh-puluh jam bagi orang yang diam/bergerak tidak cepat. 


Nah balik lagi ke anime Fire Force, saat bertanding Shinra memasuki kecepatan cahaya maka waktu di sekitarnya berjalan lebih cepat dari waktunya Shinra atau dengan kata lain bagi Shinra sekelilingnya itu diam saat inilah dia memasuki Dunia Tanpa Gerakan-nya Sho. Dalam dunia tanpa gerakan, Sho untuk memasukinya dengan cara memuaiakan alam semesta (ruang dan waktu) sedangkan Shinra memasukinya dengan kecepatan cahaya.

Shinra Kusakabe kecepatan cahaya
Ketika Shinra memasuki kecepatan cahaya (tubuhnya hancur)

Nah untuk penjelasan prof. Licth yang mengatakan kalo Shinra bergerak melebihi kecepatan cahaya maka waktu akan bergerak mundur admin jujur masih bingung cara kerjanya. Karena di teori relativitasnya Einstein ketika seseorang melebihi kecepatan cahaya v>c maka akan mendapat hasil t'=1/akar(negatif) t. Akar (negatif) di situ tidak mengidentifikasikan kalo waktu bergerak mundur, tp mengidentifikasikan perhitungan waktunya menjadi imajiner yang mana masih belum dipahami apa dampaknya di dunia nyata. Tapi anggap prof. Licth bener, ternyata karena hal tersebut waktu berjalan mundur, maka teori tubuh Shinra yang terpecah dan menyatu kembali (karena waktu berjalan mundur) itu bisa saja terjadi.

Nah sekian artikel ini dibuat, wkwkwk ternyata asyik juga yaa meninjau teori di anime dengan teori yang ada di dunia nyata. Semoga dengan adanya artikel kaya gini pembaca bisa terhibur + mikir hehehe.

Teori Fisika Relativitas Einstein di Pertandingan Shinra Kusakabe vs Shō Kusakabe Oleh Ryuzaki no Shisoka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »