Review Anime Attack on Titan : Anime Action yang Menyedihkan

17:40:00

Anime Review : Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)
Pada kesempatan kali ini admin akan mereview anime yang menurut admin, anime keren yang pernah ada. Nama animenya adalah Shingeki no Kyojin/Attack on Titan (english). Anime ini adalah anime dengan genre action yang sangat bagus dan layak di tonton, didalamnya terdapat adegan-adegan bertarung yang sangat apik dan sangat memukau. Berikut reviewnya.

About :
Judul      : Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)
Status    : Finished, 37 episode (S1 : 25, S2 : 12), manga adaptation
Tayang  : S1 :7 April 2013 - 28 September 2013, S2 : 1 April - Juni 2017
Genre    : action, fantasy, thriller, super power
Studio    : Wit Studio
Music    : Hiroyuki Sawano


Seiyuu (Character Voice) :

Main :
- Eren Jaeger           : Yuuki Kaji
- Mikasa Ackerman  : Yui Ishikawa
- Armin Arlert            : Marina Inoue

Supporting :
- Jean Kirschtein   : Kishou Taniyama
- Annie Leonhardt  : Yu Shimamura
- Conny Springer   : Hiro Shimono
- Reiner Braun      : Yoshimasa Hosoya
- Sasha Browse    : Yu Kobayashi
- Erwin                   : Daisuke Ono
- Levi (Rivaille)      : Hiroshi Kamiya
- Hanji                   : Romi Park

Review :

Anime Attack on Titan adalah sebuah adaptasi dari manga buatan Hajime Isayama yang di sebut-sebut sebagai anime terbaik tahun 2013, dan untuk manga-Nya sendiri terjual lebih dari 20 Juta copy di pertengahan tahun 2013. Manga maupun animennya telah terbukti sukses besar dan sudah di adaptasikan ke berbagai media.
Untuk adaptasi Live-actionnya sudah dirilis pada tahun 2014 lalu, walaupun dalam film live-action ini banyak yang tidak suka, mulai dari cerita yang berbeda hingga karakter yang juga berbeda dari manga maupun animenya. Untuk adaptasi gamenya, sudah terdapat 4 visual novel yang menceritakan spin-off dari para karakter, dan untuk game 3DS "attack on titan - Wings of Counterattack" sudah rilis pada 5 Desember 2013 lalu. Dan tak lupa, adaptasi Light Novel juga dibuat yang berjudul "Shingeki No Kyojin - Before The Fall" sebagai prekuel sebelum cerita orisinilnya, dan spin-off berjudul A Choice With No Regrets, yang mengisahkan masa lalu Levi Ackerman.
Anime Attack on Titan sendiri di produksi oleh Wit Studio yang bekerja sama dengan Production I.G. Bagi rumah produksi Wit studio ini adalah hal yang menarik, karena anime AoT sendiri adalah anime yang oleh Wit Studio kerjakan sebagai anime pertamanya sebagai rumah produksi, dan untuk kualiatas yang dihasilkan memang cukup memukau pemirsa.

Sinopsis :

Pada abad 7, diceritakan umat manusia berada di ambang kepunahan karena adanya mahluk yang menyerang manusia. Mahluk tersebut di namai Titan (raksasa pemakan manusia) yang seolah-olah keberadaan Titan itu hanya untuk menghancurkan umat manusia. Manusia sendiri tinggal ditempat yang dibangun tembok sangat tinggi, ada 3 tembok dengan urutan (paling luar) : Wall Maria, Wall Rose, Wall Sina, tembok tersebut berfungsi untuk melindungi manusia dari para Titan.
Time line berlanjut 1 abad kemudian. Selama satu abad tersebut manusia hidup dengan damai karena perlindungan ketiga tembok tersebut. Tapi pada tahun 845, tiba-tiba Titan yang sangat besar (Titan Kollosal) menendang bagian luar tembok Maria hingga hancur, dan satu titan lagi menjebol bagian dalam tembok Maria (atau biasa disebut Titan armor). Karena hal tersebut, yang tadinya para Titan biasa tidak sanggup masuk tembok tapi karena kehancuran tersebut maka para Titan mulai masuk dan memangsa manusia. Dalam kejadian tersebut sang Tokoh Utama (Eren Jaeger) melihat ibunya dimakan oleh Titan di depan matanya sendiri.
Karena kejadian tersebut Eren Jaeger bersumpah untuk menghancurkan Titan diseluruh dunia. Setelah kejadian tersebut dengan tekad besarnya, selama 5 tahun Eren bersama dengan saudari angkatnya (Mikasa) dan temannya (Armin) melatih diri mereka di angkatan militer yang dibuat manusia untuk melawan para Titan. Tapi tepat setelah kelulusan mereka Titan Kolosal datang dihadapan mereka dan menghancurkan bagian Luar dinding Rose, dan dimulailah cerita utama dari anime ini yang penuh dengan misteri dan penuh dengan drama yang menarik.


Karakter
Anime AoT cukup banyak menghadirkan karakter pendukung didalamnya, tapi untuk pasukan Militer mungkin agak sedikit sulit untuk dibedakan, karena selain seragamnya yang sama, jumlahnya banyak serta penampilannya satu dengan lainnya tidak terlalu banyak mencolok. Keunikan dari anime ini adalah, anime Aot memaksimalkan peran yang dimainkan oleh para peran pendukung dengan sangat apik dan efesien, tidak berlebih dan tidak ada yang kurang. Jadi para peran utama dengan mudah berkembang dengan dukungan peran pembantu.
Berikut karakter AoT yang kami rangkum.



Eren Jaeger (エレン・イェーガー Eren Yēgā ) : Adalah pemuda yang selamat dari serangan kolosal Titan sekaligus tokoh utama di anime ini. Dia merasa hidup didalam tembok itu, seperti hidup para hewan ternak yang terkurung dikandangnya dan merupakan hinaan terbesar terhadap umat manusia (mahluk paling sempurna). Sehingga karena hal tersebut dia ingin bergabung dengan Recon Corps (Pasukan pengintai) di Militer untuk membasmi para Titan dan melihat dunia luar. Tapi karena adanya serangan Titan Kolosal dan karena hal tersebut Ibunya menjadi korban, maka hal tersebut menjadikan dia menjadi berlipat-lipat kali semangat untuk bergabung dengan pasukan militer. Pada dasarnya Eren adalah seorang anak yang sangat memiliki jiwa keadilan, dan kesetia kawanan yang tinggi. Dia tidak ragu-ragu untuk melakukan perlindungan terhadap temannya walaupun itu mengancam hidupnya.


Mikasa Ackerman ( ミカサ・アッカーマン Mikasa Akkāman ) : Adalah saudara angkat dari Eren, Mikasa juga adalah lulusan terbaik dari akademi Militer, kemampuannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dia dengan mudah membunuh para Titan dan sangat sering menyelamatkan hidup Eren. Mikasa juga perempuan yang tenang dan sangat jarang menunjukan emosinya, dia sangat tenang dan lihai dalam pertarungan melawan Titan. Meski berstatus saudara tiri, sebenarnya Mikasa menganggap Eren itu lebih dari saudara dan sahabat, tapi Eren itu bisa dibilang lelaki yang kurang peka jadi dia tidak menyadari hal tersebut.



Armin Arlert ( アルミン・アルレルト Arumin Arureruto ) : Adalah Teman dan sahabat kecil Eren dan Mikasa, karena memiliki fisik yang lebih lemah dari Eren serta Mikasa, sering kali Armin diganggu oleh anak-anak brandalan dan disitu Mikasa dan Eren pasti selalu menyelamatkan Armin. Walaupun Armin adalah yang terlemah dari keduanya, tetapi dia memiliki pemikaran yang tajam dan cerdas dalam membuat strategi. Dia juga memiliki pengetahuan yang luas, khususnya tentang dunia luar tembok. Karena dia sering kali membaca buku yang membuatnya memiliki pengetahuan yang luas.



Erwin Smith ( エルヴィン・スミス Eruvin Sumisu ) : Adalah komandan dari Recon Corps yang sangat tegas. Dia memiliki otak yang berlian dan memiliki kemampuan bertarung yang sangat kuat, dia sangat hati-hati dalam perhitungan dan penuh tanggung jawab terhadap keputusan yang dia ambil. Tapi, dia juga tidak akan ragu-ragu untuk mengambil keputusan yang bisa menyebabkan banyak korban di satuannya, dia berfikir itu semua untuk kelangsungan hidup manusia.



Levi / Rivaille ( リヴァイ Rivai ) : Adalah kapten di special ops squad, yang merupakan skuad spesial di Recon Corps. Bisa dibilang dia adalah orang terkuat yang pernah dimiliki umat manusia. Dengan kemampuannya dia bisa dengan mudah membunuh para Titan hanya dengan kejapan mata. Memiliki pawakan yang dingin dan pendek, dia kadang tidak disukai oleh banyak orang karena sifat dinginnya tersebut, tapi sebenarnya dia adalah orang yang sangat peduli terhadap rekan teamnya, khususnya anggota special ops squad. Bisa dibilang dia adalah tangan kanan dari Erwin.


Animasi

Anime AoT sejauh ini menurut saya sangat lah bagus, mulai dari ceritanya, karakternya, musiknya dll. Tapi mungkin yang sedikit mengganggu adalah konsitensi dari kualitas anime, kadang dalam misalnya hal tekstur dan design kadang terlihat jelas dan mendetail tetapi kemudian bisa sangat drop pada bagian lainnya. Yah hal tersebut bisa dimaklumi karena rumah produksi Wit studio masih baru dalam membuat anime, bahkan dalam pembuat AoT ini, Wit studio dibantu oleh Production I. G.


Musik

Walaupun dalam hal kualitas animasi kadang terbilang sedikit jelek, tapi dalam hal musik anime ini menurut admin Power Full. Kenapa ? musik pada anime ini sangat pas menggambarkan bagaimana perjuangan umat manusia dalam menghadapi kepunahannya, jadi musik dari anime ini juga bisa sobat download dan nikmati pada saat sobat butuh semangat perjuangan.

OP:
- "Guren no Yumiya" by Linked Horizon (TV version)
- "Jiyuu no Tsubasa" by Linked Horizon (TV version)

ED:
- "Utsukushiki Zankoku na Sekai" by Youko Hikasa (TV version)
- "great escape" by cinema staff (TV version)

Itulah Review/sinopsis lengkap anime Attack on Titan/Shingeki No Kyojin. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar, terima kasih.

Review Anime Attack on Titan Anime Action yang Menyedihkan Oleh Ryuzaki no Shisoka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »