Benarkah Sharingan Dojutsu terlemah ?

17:20:00
Diantara teknik-teknik yang ada di anime Naruto, kalian pasti mengenal tehnik Dojutsu. Yaitu teknik dimana penggunanya menggunakan kekuatan mata yang mereka miliki (ex. Rinnegan). Dan didalam anime Naruto terdapat Tiga Dojutsu Terkuat yaitu : Rinnegan, Byakugan, dan Sharingan.

Walaupun dalam filler kemarin Sasuke Shinden terdapat Dojutsu Ketsuryugan, yang mana kekuatannya setara dengan Tiga Dojutsu terkenal (sampai Sasuke kewalahan melawannya), tetapi sejauh ini tidak ada sejarah ditemukannya kaitan Dojutsu Ketsuryugan dengan suku Otsutsuki, yang dianggap sebagai sumber Dojutsu terkuat.
www.ragons.net Lalu sesuai dengan judul diatas, saya akan membandingkan ketiga dojutsu diatas, mana yang paling kuat ? berdasarkan teknik yang dimiliki masing-masing dojutsu.



Rinnegan
www.ragons.net
Rinnegan terkenal dengan sebutan mata dewa, dan yang paling mulia diantara dojutsu yang ada di Naruto. Pengguna Rinnegan memiliki kemampuan sbb :



  • Pengguna kebal dengan kemampuan Tsukuyomi.
  • Penggunanya dapat mengakses teknik enam jalan/Six Paths Techniques.
  • Pengguna dapat mengeluarkan batang hitam sebagai senjata dan pengirim/penerima chakra pengguna (menjadikan target (mayat) menjadi boneka).
  • Dapat mengurai tulisan tablet Hagoromo/Pertapa enam jalan, yang kita ketahui tablet tersebut telah dirubah oleh Zetsu hitam.
  • Menguasai semua jutsu, termasuk lima elemen jutsu (api, air, udara, tanah, dan listrik).
  • Melihat aliran chakra dan tenketsu Shinobi.


Untuk penjelasan dari Teknik Enam Jalan/Six Paths Techniques adalah sebagai berikut :



  1. Kekuatan Gravitasi, yaitu menarik dan melemparkan benda ke arah pengguna dan menjauhi pengguna (Deva Path).
  2. Summon, yaitu kekuatan memanggil hewan kuchiyose yang memiliki kekuatan tertentu di setiap hewan (Animal Path).
  3. Potensi menghisap apapun khususnya chakra, yaitu pengguna dapat menghisap chakra apapun dari lawannya (Preta Path).
  4. Mengendalikan jiwa, yaitu mengendalikan jiwa seseorang dengan cara menyentuhnya dan dapat memberikan informasi/ingatan dari pemilik jiwa tersebut (Human Path).
  5. Berubah mekanisme, yaitu pengguna dapat berubah menjadi mesin-mesin mekanik layaknya robot dan mengeluarkan berbagai senjata (Asura Path).
  6. Akses ke Raja Neraka (King of Hell), yaitu kemampuan memanggil Raja Neraka dalam rangka menghidupkan mayat (Naraka Path).


Selain kemampuan ke enam tersebut dapat digunakan oleh pengguna Rinnegan, kemampuan tersebut juga dapat disalurkan ke enam tubuh/mayat yang telah diberi batangan hitam sebagai penerima chakra.

Selain kemampuan ke enam hal yang tadi telah disebutkan, kemudian ada kemampuan yang ketujuh (Outer Path), yaitu kemampuan dimana penggunanya dapat mengendalikan kehidupan dan kematian, contohnya  : adalah menghidupkan orang tewas, memanggil dan mengendalikan Gedo Mazo / Demonic Statue of The Outer Path, dan membuat rangkaian chakra dengan cara mengikat yang lainnya.



Yang membuat Dojutsu Rinnegan berbahaya
www.ragons.net
Rinnegan dapat menggunakan semua elemen chakra, mempercepat dalam mempelajari sebuah jurus, kekuatan gravitasi/menarik yang besar, menyerap chakra dan ninjutsu dari siapa saja dan chakra tersebut dapat digunakan pengguna jutsu untuk memulihkan badannya, menghidupkan orang yang telah tewas, menilai/mengetahui orang yang berbuat bohong jika mereka berbohong maka akan tewas, memanggil hewan-hewan kuchiyose dengan beragam spesies, menjadikan orang sebagai boneka yang kuat.

Rinnegan juga mampu merobek jiwa seseorang dan mengetahui segala sesuatu yang mereka ketahui (dan juga membunuh merek selama proses tersebut), menciptakan bayangan yang memiliki salah satu kemampuan dari mayat dengan tujuan untuk membagi pertarungan, setiap bayangan memiliki penglihatan yang sama (sekaligus juga summon yang sama), dapat melihat chakra musuh, dapat melumpuhkan musuh dengan batang besi.

Pengguna rinnegan dapat memanggil dan mengendalikan Gedo Mazo dimana tubuh/cangkang juubi tersimpan, dan teknik-teknik menakutkan lainnya. Bahkan jika pengguna rinnegan memiliki chakra yang cukup maka dapat menghidupkan orang mati, dan bahkan membuat bulan.



Byakugan
www.ragons.net
Byakugan adalah sebuah kekei genkai yang dimiliki oleh sebuah klan di Konoha, yaitu klan Hyuga dan diwariskan secara turun-temurun. Untuk kemampuan dari byakugan, dalam anime Naruto sepertinya tidak banyak yang ditonjolkan tapi admin dapat merangkum kekuatan byakugan sebagai berikut:

  • Melihat titik chakra lawan dengan sangat detail, dimana sharingan dan Rinnegan tidak dapat melakukannya.
  • Melihat aliran chakra dan dapat pula dihentikan oleh pengguna yang sudah terampil, sehinggga musuh menjadi lumpuh.
  • Melihat 360 derajat, yaitu melihat kesisi lain mata tanpa harus menoleh.
  • Dapat melihat obyek yang jauh (Catatan: Hinata dapat melihat obyek sejauh 10 Km).
  • Dapat mendeteksi chakra.
  • Dapat membedakan tiruan dan orang yang asli.
  • Dapat melihat dalam tempat gelap/tidak ada cahaya.


Walaupun Byakugan memiliki potensi yang lebih besar dari pada sharingan, tapi Massashi Kisimoto dalam hal ini penulis tidak menonjolkan kemampuan/potensi yang dimiliki byakugan dengan maksimal, ya alasan yang paling mendasar karena tokoh antagonis dari serial anime naruto adalah berasal dari Klan uciha yang memiliki sharingan. Malah byakugan dalam hal ini hanya digunakan untuk taijutsu saja, tidak seperti sharingan yang bisa genjutsu dan meningkatkan Ninjutsu.



Sharingan
www.ragons.net
Sharingan adalah kekkei genkai dari klan uciha yang diwariskan turun-temurun. Kekuatan yang paling menonjol dari sharingan ada 2, yaitu sebagai berikut :

A. Eye of Insight


  1. Pengguna sharingan melihat aliran chakra (tetapi tidak sedetail byakugan). Tetapi jika musuh terkena genjutsu dari sharingan, maka penglihatan chakranya semakin detail (bukti : waktu Sasuke melawan manusia peledak selama filler kemarin (Sasuke Shinden))
  2. Presepsi penglihatan dari pemilik sharingan meningkat, seperti membaca gerakan kecil lawan (gerak bibir, gerak menulis, hingga gerak jari kaki), bahkan segel tangan dapat dilihatnya dengan mudah.
  3. Pengguna sharingan dapat meniru/mencopy jurus ninja musuh.


B. Eye of Hypnotism


  1. Pengguna/pemilik sharingan dapat melakukan genjutsu terhadap lawan dan menyuruhnya untuk membocorkan rahasia.
  2. Sehingga kesimpulannya : Sharingan memiliki tehnik menyalin jutsu, melakukan genjutsu, melihat serangan dan mepredisikannya,  bisa melihat chakra dan mengidentifikasikannya dengan warna chakra itu sendiri, dan berubah menjadi Mangekyou sharingan dengan kekuatan yang lebih hebat. Dan sharingan juga memiliki 2 jurus terlarang yaitu dengan mengerbankan 1 mata mereka setiap melakukan jurus ini, yaitu Izanami (Membuat korban terjebak dalam genjutsu yang berulang-ulang/selamanya, bisa dilepaskan jika orang tersebut mengalah dengan takdir) dan Izanagi (Yaitu membuat luka sembuh kembali bahkan kematian menjadi hidup kembali, dengan seolah-olah itu semua hanya genjutsu).



Jadi mana yang terkuat ?
www.ragons.net
Dari ulasan diatas jelas bahwa kemampuan dari dojutsu rinnegan jauuh lebih unggul, walaupun dalam penggunaanya menggunakan chakra yang besar dan kemampuan masing-masing pengguna dari rinnegan juga berpengaruh, dan secara teori rinnegan juga merupakan kemampuan dewa (Sehingga dalam filler kemarin banyak yang kesal, termasuk saya sendiri ketika Sasuke kewalahan saat melawan Nowaki). Secara umum sharingan merupakan dojutsu penyerang (Ameterasu, Tsukuyomi, dll). Untuk byakugan lebih ke pertahanan dengan penglihatan 360 derajat, untuk Rinnegan menggabungkan keduanya.

Dan Rinnegan mampu mendorong dan menarik musuh, memanggil hewan khuciyose, jadi rinnegan merupakan gabungan antara sharingan, dan byakugan. Namun walaupun rinnegan merupakan mata dengan kemampuan dewa, bukan berarti penggunanya tidak dapat dikalahkan (Contoh Naruto dapat mengalahkan pain yang mana Naruto tidak memiliki Dojutsu) dan (Juga Itachi dapat mengimbangi kekuatan Nagato dan menyegelnya ketika mereka berwujud Edotensei).


Sharingan terlemah dan paling terkenal
www.ragons.net
Sudah disebutkan diatas bahwa rinnegan lebih kuat ketimbang sharingan, tetapi bagaimana dengan byakugan ? berikut ulasannya.
Sharingan pada saat level pertama (pada saat tomoe masih 1) sharingan pada saat ini memiliki kekutan sangat lemah. Untuk level tomoe satu ini tidak banyak diperlihatkan di Anime Naruto, tapi pada saat kondisi ini pengguna sudah dapat melihat chakra musuh yang bersembunyi (Bukti : Obito saat menyelamatkan Kakashi dan sekaligus membangkitkan sharingan). Tetapi jika mimin Mufis menjadi shinobi, mimin lebih memilih memiliki sharingan dari tidak sama sekali, iya kan ? hehehhe.

Oke lanjut kepembahasan, disini byakugan menurut mimin kurang pengakuan dari penulis (dalam hal ini Masahi Khisimoto). Contohnya pada saat ujian chunin pertama. Kakashi membandingkan byakugan dengan sharingan dan mengakui bahwa byakugan lebih unggul. Dan dari suku hyuga, sepertinya mereka kurang memanfaatkan kekuatan byakugan (hanya fokus untuk taijutsu.

Alasan lainnya bahwa sharingan lebih lemah dibanding byakugan adalah : seorang hyuga yang berpengalaman dapat memiliki byakugan yang lebih kuat dibandingkan Sharingan, dan pengguna sharingan dapat mengimbanginya jika mereka telah memiliki Mangekyou Sharingan, tetapi tidak semua uchiha dapat membangkitkan mangekyou sharingan. Jelas disini jika mereka belum memiliki mangekyou pasti kemampuan mereka jelas jauh lebih lemah ketimbang byakugan, dan mangekyou sendiri memiliki kelemahan yang fatal yaitu pengguna dapat buta jika menggukanan mangekyou berlebihan, kecuali sudah mentranfer mata sharingan milik saudara kandung mereka sendiri.

Contohnya pengguna hyuga yang terampil dapat melebihi sharingan adalah, ketika melawan juubi salah satu tetua hyuga dapat menepis ekornya dengan sangat mudah, dimana tehnik ini sekuat Susano'o dan juga dapat menutup keseluruhan chakra lawan.

Seperti mimin Mufis telah sebutkan, hanya ketika pengguna sharingan mencapai level Eternal Mangekyou Sharingan saja kekuatannya dapat mengimbangi byakugan. Dan mimin juga sampai bingung sendiri akan hal ini, karena disini Masashi Kishimoto hanya mengangkat sedikit perhatiannya terhadap byakugan ? Tetap saja, sekali lagi Uciha akan terlihat sangat lemah dibanding dengan byakugan seandainya saja Byakugan diperlihatkan lebih kuat dibanding sharingan.

Sehingga kesimpulannya bahwa sharingan merupakan dojutsu terlemah diantara ketiga Dojutsu diatas. Dengan antagonis yang berasal dari uciha, jelas hal ini jika sharingan diperlihatkan lebih lemah ketimbang byakugan maka perannya akan kurang meyakinkan bukan ? Ditambah dan diperparah dengan Byakugan yang hanya digunakan untuk kemampuan Taijutsu, sehingga dengan hal ini dapat dilihat jika byakugan terlihat lebih lemah ketimbang Sharingan.

Benarkah Sharingan Dojutsu terlemah ? oleh Ryuzaki no Shisoka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
9 September 2017 at 09:42 delete

Sharingan yg punya potensi pengembangan dan variasi yg paling besar, tetapi juga memiliki resiko paling besar, serta tidak semua keturunan klan mampu..

Byakugan paling aman, Potensi sulit dikembangkan, resiko sedikit..

Rinnegan, sudah langka..

Reply
avatar