Rokushiki! Seni Bela Diri Agen Pemerintah Dunia

17:46:00
Rokushiki, teknik bela diri angkatan laut. 
Siapa yang tau Rokushiki? Sepertinya kurang dikenal ya. Namun jika saya menyebutkan tekkai atau soru pasti kalian mengetahuinya. Yap Rokukishi lebih populer dengan agen CP9. Jadi untuk ulasan kali ini akan banyak mengandung unsur enies lobby, flash back lah. baik kali ini kita akan mengulasnya.
Definisi :

Rokushiki adalah sebuah seni bela diri spesial dan khusus. Rokushiki juga disebut Enam Kekuatan. Masing-masing dari teknik ini membuat penampilan mereka yang berbeda-beda, teknik ini membuat penampilan perdananya pada Chaper 342 atau Episode 242. Pertama kali diperkenalkan sedang digunakan oleh para agen CP9, di Arc Enies Lobby.

Pengukuran kekuatan :

Kekuatan para pengguna Rokushiki diukur dengan Doriki, 1 Doriki = 1 orang prajurit biasa. Tentu saja semakin tinggi nilai Dorikinya maka semakin kuat orang tersebut. Sebagian besar pengguna memiliki variasi mereka sendiri dari setiap teknik, untuk meningkatkan fleksibilitas dan orisinalitas mereka. Selain itu, pengguna tertentu cenderung lebih fokus pada satu teknik, seperti Fukurou dengan Soru, Jabra dengan Tekkai, Kaku dengan Rankyaku, dan Rob Lucci dengan Shigan.

Ulasan pengguna :

Rokushiki adalah gaya bertarung utama yang digunakan oleh organisasi rahasia milik Pemerintah Dunia, para agen CP9, tetapi beberapa Marinir juga mampu menggunakannya. Coby menggunakan Soru saat berhadapan dengan Monkey D. Luffy, Wakil Laksamana Momonga dan Dalmatian menggunakannya untuk melawan Luffy di Marineford, dan Dalmatian juga menggunakan Shigan untuk melawan Luffy, Wakil Laksamana Vergo menggunakannya kepada beberapa Marinir G-5 di Punk Hazard, dan Kapten Tashigi menggunakannya selama konfrontasi melawan Monet. Tidak diketahui persis seberapa banyak Rokushiki tersebar di kalangan Marinir dan bagaimana teknik ini diketahui secara luas, tetapi tampaknya teknik yang paling umum dikenal adalah Soru.

Jenis :

1.Geppo


Geppo memungkinkan pengguna untuk benar-benar melompat dari udara, yang memungkinkan mereka untuk tetap di udara lebih lama dari biasanya. Anggota CP9 dapat menggunakan teknik ini untuk menempuh jarak yang jauh tanpa pernah menyentuh tanah, atau untuk mengatur diri mereka dalam melancarkan serangan udara yang cepat.
Sedangkan teknik ini sendiri memberikan beberapa keuntungan baik di dalam pertarungan atau di luar bagi penggunanya, namun teknik ini memiliki satu kelemahan utama: karena penggunaannya sangat tergantung pada kaki pengguna, menahan atau menjepit salah satu bagian bawah tubuh pengguna bisa menyebabkan gangguan pada penggunaaan Geppo. Hal ini terlihat selama pertarungan Fukurou dengan Franky, di mana Franky berhasil menarik kaki Fukurou sehingga menyebabkan teknik ini terganggu.

2.Tekkai


Tekkai adalah teknik yang digunakan dengan mengeraskan otot para pengguna untuk setingkat dengan besi, yang berguna untuk menghilangkan efek kerusakan dari serangan lawan. Namun, hal itu dapat dipatahkan oleh kekuatan yang cukup kuat seperti berbagai Gear milik Luffy, Shishi Sonson dan Tatsumaki milik Zoro, Diable Jambe milik Sanji, dan Strong Hammer milik Franky.
Ketika Tekkai aktif, pengguna tidak dapat bergerak, dengan pengecualian untuk Tekkai Kempo milik Jabra. Tekkai juga dapat digunakan untuk meningkatkan serangan pengguna dengan tingkat kepadatan yang ditingkatkan dari penggunaan Tekkai, mirip dengan Busoshoku Haki.

3.Shigan


Shigan adalah teknik pertempuran jarak dekat, di mana pengguna mendorong jari mereka ke targetnya pada kecepatan yang sangat tinggi, meninggalkan luka yang mirip luka tembak.

Ini adalah teknik yang sangat berguna yang dapat terhubung dengan cepat dan akurat, yang bekerja sangat baik dengan kecepatan pengguna yang mengesankan. Namun teknik ini tidak pernah digunakan untuk melawan atau menangkis serangan lain yang lebih kuat dalam pertarungan, yang kemungkinan karena pengguna bisa dengan mudah mematahkan jarinya dan lebih memilih menggunakan Tekkai.

4.Rankyaku


Rankyaku adalah teknik proyektil yang kuat, di mana pengguna memulai dengan menendang pada kecepatan yang sangat tinggi dan kekuatan yang besar, mengirimkan sebuah pisau udara tajam yang bisa mengiris benda dan bersifat sangat merusak jika terkena tubuh manusia. Namun, telah terbukti bahwa semua tambahan (seperti ekor atau leher) juga mampu melakukan gerakan ini.

5.Soru


Soru memungkinkan penggunanya untuk bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi untuk menghindari serangan, serta untuk menyerang pada kecepatan yang lebih tinggi dan dengan kekuatan yang lebih besar. Hal itu terungkap bahwa prinsip gerakan ini adalah menendang tanah setidaknya sepuluh kali dalam sekejap mata. Coby terlihat mampu menggunakan gerakan ini selama pertarungan pertemanan dengan Luffy setelah Arc Enies Lobby dan selama Arc Marineford. 

6.Kami – e


Kami-e membuat tubuh pengguna menjadi melemas guna menghindari serangan-serangan lawan, dan mengapung layaknya sebuah kertas. Atau bisa juga diibaratkan seperti daun. Logikanya adalah membuat orang seringan daun, secara prisip seseorang akan kesulitan memukul atau menyerang daun yang sedang jatuh.

7.Rokuogan


Rokuogan adalah serangan rahasia dan terakhir dari gaya bertarung Rokushiki. Rob Lucci mengatakan bahwa hanya mereka yang memiliki penguasaan mutlak dari enam keterampilan lainnya dapat memiliki akses ke keahlian ketujuh ini.
Pengguna menempatkan kedua kepalan tangannya tepat di depan target dan meluncurkan gelombang kejut yang menghancurkan, dan tampaknya memiliki kekuatan yang sama dengan Impact Dial atau bahkan Reject Dial (tergantung pada jumlah energi yang diserap oleh dial), dan menyebabkan luka besar.

Gimana ? teringat... yah itung itung tambah informasi. Sekian dulu ya, bye......

Rokushiki! Seni Bela Diri Agen Pemerintah Dunia Oleh Bureka no Yuuji

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »