Bingung memilih laptop gaming ? Ikuti 10 tips berikut dan temukan jawabannya

05:33:00
tips memilih laptop gaming, cara memilih laptop gaming, memilih laptop gaming, tips memilih laptop gaming murah, memilih laptop untuk game berat, cara memilih laptop buat gaming cara memilih laptop gaming, dengan benar, tips memilih laptop gaming murah berkualitas

Ragons - Berikut Tips memilih laptop gaming dengan benar dan berkualitas. Anda seorang gamer ? pasti ingin memiliki perangkat yang memadai untuk menunjang hobi anda ketika anda hendak bermain game ?. Sehingga seorang gamer biasanya mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk memenuhi keinginan mereka saat bermain game. 


Dan sekarang kebanyakan orang memilih laptop untuk bermain game yang cukup berat, oleh sebab itu pada kesempatan pada kali ini saya akan membagikan tips bagaimana memilih laptop gaming dengan benar, entah dari sisi performa, stabilitas, desainnya, dan dari segi uangnya. Hehehehehe

Seperti yang sudah saya singgung diatas, sekarang banyak orang menggunakan laptop untuk bermain game, alesannya ya mungkin karena mudah di bawa kemana-mana, terdapat pengembang game untuk laptop itu sendiri, dan pastinya latop juga bisa digunakan untuk hal lain selain bermain game. Seperti untuk kegiatan multi media, atau hanya sekedar browsing-browsing. Berikut Cara memilih laptop gaming dengan mudah dan benar, serta berkualitas.



1. Processor

Hal pertama perhatikan processor laptop yang akan sobat beli, sekarang kebanyakan laptop memiliki 2 merk terkenal untuk processor laptop mereka yaitu Intel, dan AMD. Saya sarankan untuk menggunakan Intel karena processor ini cepat dan tidak mudah panas, tetapi untuk budget minim gunakanlah AMD karena processor ini lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.

Jika memilh intel, pastikan sobat memilih dengan seri yang berlabel MQ dan HQ (contoh: i7-6700HQ). Jangan pilih yang berlabel U (contoh : Intel core 1017U). Karena processor ini digunakan hanya untuk hal-hal ringan saja. Minimal processor intel untuk kegiatan game adalah Intel core i5, i7. Dan untuk AMD sendiri minimal A8, A10 atau FX-Series.

Jangan lupa perhatian juga kecepatan processor tersebut yang bersatuan Ghz, semakin tinggi semakin bagus.



2. VGA atau kartu Grafis

VGA / Graphic card ini sangat berpengaruh sekali untuk tampilan layar dan kulitas layar saat bermain game, Untuk vga sendiri vendor yang cukup terkenal adalah NVIDIA dan AMD. Jadi pastikan sebelum membeli laptop, laptop itu harus memiliki vga NVIDIA dan AMD yaa.

Untuk nomer seri NVIDIA yang bagus untuk bermain game, adalah NVIDIA GT840, GTX950, GTX960, GTX970, dan GTX980. Untuk AMD sendiri saya rekomendasikan R7 230 keatas, dan R9 series.



3. RAM (Random Acces Memory)
tips memilih laptop gaming, cara memilih laptop gaming, memilih laptop gaming, tips memilih laptop gaming murah.

Ram minimal untuk bermain game adalah sebesar 4GB, jika ram sobat kurang dari 4GB maka sebaiknya jangan paksakan untuk bermain game berat. Untuk jenis ram minimal adalah DDR3, tapi saya rekomendasikan DDR4 karena ram jenis ini adalah yang terbaru jadi banyak peningkatan dari jenis sebelumnya.

Pastikan juga laptop yang akan sobat beli memiliki slot tambah untuk upgrade ram, karena game sekarang seperti GTA V, MAD MAX, Watch DOG, Naruto Shippudent Ultimate ninja strom 4  dll, minimal adalah 8GB RAM. Jadi jika laptop sobat memiliki slot tambahan, maka sobat hanya tinggal upgrade saja untuk memperbesar ram.



4. Media penyimpanan (Hardisk)
tips memilih laptop gaming, cara memilih laptop gaming, memilih laptop gaming, tips memilih laptop gaming murah.

Pilihlah laptop dengan hardisk yang besar. Karena game jaman sekarang memiliki ukuran yang semakin tidak ketulungan besarnya.

Sobat bisa pilih jenis hardisk yaitu SDD dan HDD, untuk besarnya minimal hardisk sobat adalah 1TB (1000GB). Tentunya itu untuk menampung game yang banyak.



5. Daya tahan battery
tips memilih laptop gaming, cara memilih laptop gaming, memilih laptop gaming, tips memilih laptop gaming murah.

Dalam bermain game biasanya masalah yang sering muncul adalah daya tahan battery yang tidak lama, karena laptop gaming menggunakan spesifikasi yang tinggi dan kinerja yang berat maka dari itu battery laptop gaming biasanya boros.

Maka pastikan sebelum membeli laptop pilih battery laptop yang besar kapasitasnya, untuk kenyamanan bermain game. Ada 2 jenis battery di laptop saat ini yaitu non-removable (tidak dapat dilepas) dan removable (dapat dilepas). 

Jika laptop agan menggunakan battery removable (dapat dilepas) jangan sekali-kali cabut battery secara tiba-tiba saat sedang bermain laptop, karena dapat merusak komponen laptop sobat.



6. Ukuran layar/resolusi layar
tips memilih laptop gaming, cara memilih laptop gaming, memilih laptop gaming, tips memilih laptop gaming murah.

Ukuran layar pada laptop cukup penting dalam memegang peranan pada saat bermain game, pilihlah layar minimal 14 inch. Tapi saya rekomendasikan 15, 6 inch, dan 17, 3 inch. Karena semakin besar ukuran layar, maka bermain game semakin maksimal.

Resolusi layar untuk bermain game menurut saya minimal adalah FHD 1920x1080, agar lebih tajam saat bermain game.



7. Audio dan kualitas speaker
tips memilih laptop gaming, cara memilih laptop gaming, memilih laptop gaming, tips memilih laptop gaming murah.

Audio juga penting saat bermain game karena bisa menimbulkan sensasi tersendiri saat bermain game. Dan untuk speaker laptop menurut saya pribadi tidak terlalu penting karena kita bisa beli speaker external untuk laptop kita sendiri, jika belum puas dengan speaker external sobat bisa gunakan speaker masjid biar greget heehhehehehehe.



8. Operating system (Sistem Operasi)

Sistem operasi yang bagus untuk bermain laptop adalah windows 7, dan windows 10 jika bisa yang 64 bit yaa...karena gamenya lebih banyak dan aplikasinya juga banyak. Biasanya OS atau operating system sudah tersemat di laptop agan, tetapi ada juga yang belum memiliki OS dan selisih harganya antar yang sudah tersemat dan belum sekitar 1 juta.



9. Harga
tips memilih laptop gaming, cara memilih laptop gaming, memilih laptop gaming, tips memilih laptop gaming murah.

Yaa..seperti saya sebutkan diawal tips memilih laptop gaming, harga juga termasuk dalam tips tersebut. Pilihlah laptop gaming secermat mungkin, karena laptop gaming tentunya harganya cukup mahal. 

Jadi hati-hati dalam memilih jangan terburu-buru, pertimbangkan apakah harga tersebut sesusai dengan spesifikasinya.

Saya contohkan beberapa vendor yang menyediakan laptop gaming dengan harga yang terbilang murah:
Asus : Republic of Gamers (ROG).
Dell : Alienware
Acer : Predator
Lenovo : Y series
HP : Omen
MSI : Gaming G Series
Xenom : Phoenix, Pegasus, Hercules, Siren, Shiva.



10. Garansi

Tidak dapat dipungkiri garansi juga penting dalam membeli laptop, yaitu untuk antisipasi jika laptop agan rusak. Pilihlah garansi minimal 1 th ya, tapi semakin lama garansi semakin baik. Beberapa vendor bahkan ada yang sudah berani menawarkan garansi selama 3 tahun.




Itulah tips memilih laptop gaming, berikut ini bonusnya khusus untuk sobat:

#Port di laptop
Port adalah lubang yang ada di laptop, biasa digunkan untuk memasukan hal-hal external ke laptop. Dan port yang ada di laptop gaming harusnya adalah USB 3.0, HDMI, dan port type C yang terbaru itu.

#Keyboard laptop
Keyboard laptop gaming seharusnya memiliki backlight untuk mempermudah saat gelap, dan jangan lupa harus ada Numpad untuk mempermudah dalam penulisan angka.

#After sales
After sales atau tempat service juga penting, pastikan vendor yang akan sobat beli tempat servicenya dekat dari rumah sobat ya.

#Desain Laptop
Saya sarankan laptop gaming sobat harusnya memiliki desain yang gahar ya, ya itu juga relatif buat sobat sih mau yang gahar atau tidak kan yang penting spesifikasinya,,iya nggak ?



Dan untuk laptop gaming murah sepertinya tidak ada deh... karena seperti orang jawa bilang rega nggawa rupa, bisa diartikan jika harganya mahal maka kulitas bagus, dan juga sebaliknya. 

Sepertinya sudah cukup untuk tips memilih laptop gaming dengan benar dan berkualitas, tentunya untuk bermain game berat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat jangan lupa bagikan tips ini ke teman-teman sobat. Dan seperti biasa see you again.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar