13 Referensi mesin pencari yang bisa sobat gunakan

03:12:00
mesin pencari, mesin pencari google, mesin pencari selain google

Mesin Pencari atau istilah englishnya Search Engine. Seperti namanya, mesin yang dapat diartikan robot/program, dan pencari yang dapat diartikan sebagai pencari. 

Jadi mesin pencari dapat diartikan sebagai program atau robot pencari. Dan untuk search engine yang ini dikususkan untuk mencari berkas yang tersimpan di ftp, www, atau dapat juga di milis dan news group. Yang intinya adalah jaringan internet.



Maka mesin pencari ini akan mencari berkas/dokumen yang tentunya tersedia. 

Hasilnya akan muncul dengan bentuk daftar dan diurutkan sesuai dengan akurasi kata kunci, rasio pengunjung, dan masih banyak lain, dan ini biasanya yang banyak membuat para bloger, termasuk saya pusing.

Karena untuk mendapatkan peringkat satu digoogle sangatlah sulit.

Berkas-berkas tersebut biasanya tersaji dalam bentuk gambar, video, ataupun halaman website. 

Dari sekian banyak mesin pencari, ada juga yang dapat mengumpulkan informasi yang tersimpan di direktori web. Berikut daftar mesin pencari di internet terbaik


1. GOOGLE (www.google.com)


Yang jelas peringkat pertama adalah google sebagai mensin pencari (search engine) paling banyak digunakan didunia. 

Selain terkenal google juga merupakan pelopor/penggagas mesin pencari. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, pada tahun 1998. Mesin Pencari google ini mudah digunakan, cepat dan relevan dengan topik yang dicari-cari.

Sejauh ini berkembangan google sudah bisa mencari buku, aplikasi ataupun tempat menggunkan mapsnya, dan yang tidak kalah unik adalah mampu menerjemahkan bahasa satu ke bahasa yang lain. 

Google ini atau biasa disebut mbah google kalo di Indonesia ini, sudah sangat membantu pengguna internet.

Untuk daftar di bawah ini adalah mesin pencari selain google


2. BING (www.bing.com)


Mesin pencari ini tergolong baru, karena baru didirikan 2009 yang lalu, jadi baru berusia 7 tahun. 

Tapi kualitasnya tidak usah diragukan lagi karena mesin pencari ini diolah oleh microsoft. Microsoft sebelumnya memiliki MSN (Microsoft Network) tapi kemudian digantikan oleh Bing. Ditahun 2016 ini maka tak heran bing saya masukan diurutan ke 2.


3. YAHOO (www.yahoo.com)


Search engine yahoo ini dikembangkan oleh David Filo dan Jerr pada tahun 1994. Dan rampung/diluncurkan pada tahun 2002. 

Simpang siur pernah pendiri dari google pernah menawarkan ide tentang mesin pencarinya tapi ditolak mentah-mentah oleh yahoo, tapi itu malah membuat sekarang google ada, coba kalo ide tersebut diterima tidak akan ada yang namanya android, gmail, google drive dll. Tapi hal tersebut masih misteri hingga kini. 

Walaupun database dari yahoo sendiri mirip dari google tetapi hasil pencariannya tetap berbeda. 

Yahoo secara resmi menjadi partnership dari bing yang merupakan mesin pencari besutan microsoft tersebut, tepatnya pada tahun 2009. Layaknya google, yahoo juga menawarkan banyak hal seperti email, berita, game dll menjadikan search engine ini saya tempatkan diurutan ketiga.



4. ASK (www.ask.com)


Diurutan ke-4 saya taruh ask. 

Mesin pencari ini sudah ada sejak tahun 1996, karena banyaknya persaingan akhirnya ask mengembangkan mesin pencari ini pada tahun 2010 supaya tidak ketinggalan dengan para pesaingnya. 

Dalam penyebaran atau pengiklanannya, ask membuat sebuah malware di aplikasi atau web untuk secara otomatis pc/komputer yang terkena malware tersebut menginstal ask dengan sendirinya.

Ya cara yang cukup curang dan cerdik yaa.



5. YANDEX (www.yandex.com )


Mungkin bagi para sobat mesin pencari yang satu ini terdengar asing ya kan, karena mesin pencari ini berusia masih sangat belia, tetapi untuk masalah kualitas tidak perlu diragukan lagi. 

Awalnya mesin pencari yang satu ini berasal dari Rusia, dengan domain Yandex.ru. 

Tapi sekarang telah tersebar dipenjuru dunia dengan domain yang telah berubah yaitu yandex.com.





Mesin Pencari diatas adalah mesin pencari yang saya rekomendasi buat para sobat, dan untuk yang dibawah ini adalah saya khususkan untuk referensi atau hanya untuk menambahkan pengetahuan sobat.

1. DUCKDUCKGO
www.duckduckgo.com

Dengan Mesin pencari ini agan sebelum memasuki sebuah website akan mengetahui pemerdaya apa yang dipakai web tersebut, bisa : blogspot, wordpress dll

2.  DOGPILE
www.dogpile.com

Mesin pencari ini konon gabungan dari beberapa search engine didunia seperti google, dan yahoo.  Jadi katanya agan2 tidak perlu khawatir dengan hal yang tidak mungkin terlewat dengan search engine ini.

3.  MAMMA
www.mamma.com

Walau masih berbasis meta tetapi dengan search engine ini agan bisa mencari white pages (halaman putih) dan yellow pages (halaman kuning).

4. WEBCRAWLER
www.webcrawler.com

Hal yang akau ketahui dari search engine ini adalah " menjadikan satu sekaligus pencarian, tanpa satu persatu". Jadi bisa disimpulkan hasil dari pencarian mesin pencari ini adalah gabungan dari yahoo, google dll.

5.  ZUULA
www.zuula.com

Seperti kebanyakan yang saya sebutkan mesin pencari ini juga gabungan dari beberapa mesin pencari terkenal lainnya, tapi dengan mesin pencari ini ada fitur yang cukup bagus, yaitu fitur dimana sobat ragons bisa menspesifikasi pencarian yang sobat inginkan. 

6.  ALTAVISTA
www.altavista.com

Dengan search engine ini agan bisa mencari gambar, audio, video dll. Tapi sekarang jika agan berkunjung pada websitenya Alta ini agan pasti kaget karena otomatis akan menjadi yahoo, saya sendir tidak tahu kenapa hal tersebut bisa terjadi. Mungkin pihak alta sudah bekerja dengan yahoo mungkin ?

7. AOL SEARCH
http://search.aol.com

Disini agan bisa mencari hal-hal yang menjadi favorit agan, sebelumnya nama mesin pencari ini adalah Nescape Search, tapi sudah berubah menjadi Aol Search dengan dengan harapan nama yang mudah dihafal jadi dapat digunakan banyak orang.


Itulah beberapa mesin pencari yang bisa agan gunakan. Jadi sobat tidak terpaku lagikan dengan mbah google, ternyata masih banyak lagi mbah-mbah yang lain yang bisa agan gunakan sebagai bahan referensi satu dengan lainnya. 
Dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan jangan lupa bagikan info ini keteman-teman agan, supaya mereka tidak kudet. Dan seperti biasa See You Again.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »