14 Tips cara merawat Laptop dengan baik

06:11:00
Ragons - Sekarang kebanyakan orang belum mengetahui bagaimana sebaiknya merawat laptop dengan baik.

Walau harga laptop sekarang terbilang murah, tetapi agar laptop awet dan tahan lama maka merawat laptop tentu harus tetap dilakukan. Sangat jarang orang yang memperhatikan laptop mereka (termasuk saya si hehehhe).


Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan komputer yang mana komputer tentu lebih tahan lama.


Untuk itu saya akan share tips merawat laptop dengan baik dan benar, yang harus dimulai dari saat membeli laptop baru sampai tua nanti yaa.




ARTIKEL SPESIAL “TUTORIAL BAGAIMANA CARA MERAWAT LAPTOP DENGAN BAIK”?

Banyak orang yang mengabaikan kesehatan laptop mereka, dan itu adalah sebuah fakta. Walaupun kita sering menggunakan laptop/lomputer kita, tapi nyatanya kita sangat jarang sekali merawat laptop kita tersebut.

Maka dari itu saya membuat artikel ini untuk mengingatkan agan2 betapa pentingnya merawat laptop agan2. Berikut cara merawat laptop dengan baik dan benar.



1. JAUHKAN LAPTOP ANDA DARI CAIRAN ATAU MINUMAN

Cairan yang mengenai laptop, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen/hardware laptop agan.

Karena cairan adalah musuh yang sangat merugikan bagi elektronik, mungkin hp atau smartphone sekarang sudah banyak yang anti-air, tetapi untuk laptop saya sendiri kurang tahu.


Maka dari itu jauhkan laptop dari minuman, supaya hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Dan alangkah baiknya jika keyboard anda diberi keyboard protector supaya mencegah masuknya cairan pada sela-sela keyboard laptop (tapi saya sendiri nggak make si).



2. MEMBERSIHKAN LAYAR SECARA RUTIN


Jika bisa, saya sarankan belilah screen protector/pelindung layar, guna melindungi layar laptop dari goresan. Usahakan bersihkan layar dari debu secara rutin juga.



3. JANGAN SERING SERING BERMAIN GAME YANG BERAT UNTUK SPEK LAPTOP YANG RENDAH.


Hal-hal inilah yang sering dilakukan oleh para gamer/pemilik laptop itu sendiri. Bermain laptop untuk game yang berat aja, dianjurkan tidak boleh lama-lama.


Apa lagi jika laptop tersebut speknya lebih rendah untuk ukuran game tersebut, maka hal tersebut bisa menyebabkan overheat pada komponen laptop.


Selain itu, hal ini bisa menyebabkan batterai boros, dan hal terburuk lainnya adalah battery anda bocor.



4. JANGAN MELETAKAN/MENGGUNAKAN LAPTOP DI KASUR/TEMPAT YANG MENYERAP PANAS

Tidak terelakan bahwa kadang kita menggunak laptop di atas kasur/bantal.

Tapi yang harus agan ketahui adalah, menggunakan laptop diatas kasur/tempat empuk yang menyerap panas.


Menyebabkan sirkulasi udara panas laptop kita terganggu dan menyebabkan over heat pada laptop kita.



5. JAUHKAN LAPTOP DARI ANAK KECIL

Laptop atau barang elektronik harus dijauhkan dari yang namanya anak kecil, karena untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Namanya juga anak-anak yang pastinya meraka mengangggap bahwa laptop kita adalah sebuah mainan buat mereka.


6. GUNAKAN LAPTOP SEWAJARNYA


Maksudnya adalah, agan jangan sekali-kali paksakan laptop agan untuk menjalankan aplikasi yang tidak mampu diangkat oleh laptop agan.


Semisal laptop agan memiliki spek yang rendah, jangan paksakan laptop agan untuk menjalankan game berat seperti PES, gunakan laptop sesuai dengan kemampuannya.


Jika masih dipaksakan maka yang akan bermasalah adalah RAM, VGAnya, dan Processornya.



7. PERHATIKAN PANAS/SUHU LAPTOP AGAN


Suhu pada laptop juga kadang tidak diperhatikan oleh penggunanya sendiri. Padahal suhu yang terlalu panas bisa menjadikan laptop overheat.



8. BIASAKAN JANGAN MENGGUNAKAN LAPTOP TERLALU LAMA

Berbeda dengan komputer yang dapat digunakan 24 jam, laptop sangat tidak dianjurkan digunakan terlalu lama. Matikan laptop anda jika tidak digunakan, dan gunakan laptop seperlunya saja.

Overheat pada laptop salah satunya juga karena faktor ini.



9. JANGAN MENARUH BEBAN YANG BERAT DIATAS LAPTOP


Kadang hal ini tidak diperhatikan oleh sebagian orang, padahal kebiasaan ini bisa berakibat fatal bagi laptop itu sendiri.


Menaruh beban berat di atas laptop, bisa membuat komponen laptop rusak. Karena laptop sendiri memiliki fisik yang ringkih dibanding dengan komputer.



10. JAUHKAN LAPTOP DARI MAKANAN

Jika makanan di taruh didekat laptop maka anda harus berhati hati, apa lagi jika sisa sisa makanan tersebut bisa terbelah-belah menjadi bagian-bagian kecil.

Hal tersebut dapat membuat sisa-sisa makanan bisa masuk kedalam selah2 laptop, jadi pastikan saat anda ngemil sisa-sisa makanan jangan sampai ke dalam celah-celah keyboard laptop ya.



11. BERSIHKAN SLOT CD DI LAPTOP ANDA

Perlu diketahui juga, slot cd (Optical drive) sangat rentan terhadap yang namanya debu. Itu karena dapat menggangu dalam proses pembacaan data di CD.

Bersihkan debu-debu yang menempel pada slot CD laptop secara rutin. Berhati hatilah dalam memasukan CD di slot CD anda, karena slot cd anda sangat rentan.



12. JAUHKAN SINAR MATAHARI DARI LAPTOP

Hindari kontak langsung antara sinar matahari dan laptop anda. Itu karena beberapa komponen laptop, sangat rentan terhadap yang namanya sinar matahari dan tersebut bisa membuat komponen laptop bisa rusak.


13. PAKAILAH PENDINGIN PADA LAPTOP ANDA

Semisal coolpad, yang bias agan taruh dibawah laptop. Kegunaanya adalah untuk mendingin processor laptop. Yang mana bila suhu terlalu panas maka akan mudah terjadinya hang.


14. JANGAN SEMBARANGAN MENDOWNLOAD SOFTWARE YANG TIDAK DIPERCAYA

Mendownload software dari sumber yang tidak dipercaya di internet dapat memperbesar kemungkinan laptop terserang virus atau malware.

Saya sarankan untuk mendownload atau menginstal Antivirus pada laptop anda, dan cari software-software dari sumber yang terpercaya.



KESIMPULAN

Itulah 14 tips merawat laptop yang benar dan baik, semua itu manfaatnya akan kembali pada diri sobat-sobat masing.

Dan saya membagikan tips ini yang pasti bertujuan untuk membuat laptop sobat biar awet, kan kalo awet jadi bisa irit duit jajan, hehehhehe.


Sekain untuk postingan kali ini, selamat mencoba dan seperti biasa See You Again.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
14 January 2017 at 19:41 delete

Sangat bermanfaat..
Artikelnya menarik.. Tertarik dengan artikel teknologi? atau artikel lainnya kunjungi http://pena.gunadarma.ac.id/

Reply
avatar
20 January 2017 at 15:06 delete

makasih Gan, selamat berkunjung

Reply
avatar