Mengenal jenis kualitas video dalam film

01:19:00
jenis kualitas film download, jenis kualitas file film, perbedaan jenis kualitas film

Sobat sering download film ? pasti sering dengar kualitas film dong ? Tapi kualitas film itu kadang membuat kita bingung, karena ketidaktahuan kita sendiri juga si hehehehehe. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan penjelasan jenis kualitas film yang sering kita download atau kita dengar.

1. CAM 
Yang pertama adalah CAM : Kualitas ini adalah kualitas film sharing terburuk. Kualitas ini merupakan rekaman dari camera digital yang diambil langsung dibioskop, sehingga suara dari jenis video ini juga buruk, karena noise dari penonton bioskop juga ikut terekam. Dan dalam jenis video ini terdapat sedikit guncangan karena rekamannya menggunakan mini tripod. Dalam jenis video sharing ini juga ada HDCAM yaitu video CAM dengan resolusi yang lebih baik.

2. TS (Telesync)
Kualitas ini sedikit diatas dari CAM/HDCAM, perbedaannya cuman terletak pada suara yang dihasilkan, karena direkam menggunakan line khsus yang biasanya digunakan untuk orang-orang tunga rungu, maka suranya jelas sedikit lebih bagus. Dan seperti CAM, TS juga punya upgrade'annya yaitu HDTS. 

3. R6/WEB-Rip/DVD-Scr
Kualitas kali ini banyak banget ya namanya, tapi walau banyak nama tetep sama kok kualitasnya antara 3 nama tersebut. Untuk kualitas yang satu ini hal yang paling ketara adalah adanya hardsub (subtitle yang udah menyatu dengan video) korea, china, rusia dan negara dari pembajak video tersebut. Gambar di video ini masih jelek tetapi suara yang dihasilkan sudah lumayan bagus.

4. DVD-Rip
Kualitas video yang satu ini adalah salinan dari dvd asli/original. Jadi gambar dan audionya sudah lumayan bagus walaupun masih kalah jauh dengan Bluray, tetapi juga dengan ukuran video yang lebih kecil.

5. PPV
Untuk kualitas video yang satu ini dihasilkan dari screen/layar tv langsung yang disambungkan dengan dvd recorder atau direkam dengan PVR.

7. HD-tc
Adalah rekaman film/video yang menggunakan alat penyalin video dari proyektor ke dalam bentun digital, yang biasa disebut Telecine yang berkualitas HD. Video ini termasuk yang direkomendasikan karena gambar dan suarnya bagus.

6. HD-Rip/HDTV
Kualitas video ini menurut saya sudah cukup layak jika di tonton. Kualitas gambar dan audionya sudah bagus dan ukuran videonya cenderung tidak besar. HDTV adalah hasil rip dari video yang berada di layanan tv internet.

7. WEB-Dl
Kualitas video atau film ini dibawah blue-ray. Kualitas video ini muncul tepat sebelum blue-ray muncul. Video ini biasa bersumber dari unduhan situs tv online, contohnya adalah i-tunes.

8. Bluray/BRRip 
Yang terakhir dan yang paling tinggi diantara kualitas yang diatas adalah Bluray. Ya kualitas video ini merupakan kualitas sharing tertinggi sampa artikel ini ditulis. Biasanya resolusi dari kualitas BRRip adalah 720p (1280X720) dan 1080p (1920X1080). Semakin tinggi resolusi komputer yang digunakan juga harus memiliki speksifikasi yang tinggi juga. Tapi gambar yang dihasilkan pasti juga jernih.


Berikut urutan video bajakan yang keluar menurut kualitas dan lamanya/waktu
(CAM dan HDCAM : 1 hari) -> (TS dan HDTS : 7 Hari) -> (R6/WEBRip/DVDScr : 1 Bulan) -> (DVDRip, HDrip, HDTV, dan PPV : 2 bulan) -> (WEB-DL : 2-2,5 Bulan) -> (BRRip/bluray : 3-5 bulan) Itu semua keterangannya setelah film atau video tayang dibioskop ya. Tapi itu juga hanya perkiraan rata-rata. Biasanya tiap film atau video memiliki rentang waktu yang berbeda.


Kesimpulannya adalah kualitas film yang bisa kita download itu semua menguji kesabaran kita, jika kita tidak sabar ya sobat bisa download film yang CAM atau kualitas terburuk dari kualitas sharing saat ini, tetapi jika sobat memiliki rasa sabar yang tinggi maka sobat bisa meraih kualitas Bluray yaitu kualitas terbaik saat ini. Cukup sekian seperti biasa terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »