Mengenal 20+ komponen komputer dan fungsinya

04:14:00
komponen komputer, komponen komponen komputer, komponen komputer dan fungsinya beserta gambarnya, komponen2 komputer, komponen komputer dan penjelasannya

Mengetahui nama dari komponen komputer mungkin bagi sebagian banyak orang tidak terlalu penting, tapi jika kamu siswa yang sedang mencari tugas, atau kamu seorang tukang service komputer. Maka mengetahui komponen beserta fungsi-fungsinya adalah hal yang wajib bagimu kan ?

Komponen komputer, mungkin banyak yang menggunakan komputer tetapi sedikit yang mengetahui nama komponennya serta fungsinya, di artikel ini akan saya bahas komponen-komponen komputer dan fungsinya beserta gambarnya. Yang terbagi menjadi 3 yaitu input, output dan proses




Berikut komponen2 komputer dan fungsinya :

INPUT 
Berfungsi untuk memasukan data ke komputer, entah tulisan, gambar, suara, atau perintah.

1. Keyboard

Adalah sebuah papan ketik yang berfungsi memasukan huruf, angka, dan kode ke komputer. Komponen ini adalah komponen yang paling sering digunakan, biasanya terhubung dengan komputer dengan kabel pita datar. Bentuknya selain yang standar, ada banyak lagi yang lain. Seperti keyboard mini (kecil), fleksibel (bisa ditekuk), dan keyboard yang wireless yang tidak menggunakan kabel untuk penghubungnya.


2. Mouse 

Adalah komponen yang berfungsi untuk menyampaikan perintah user (pengguna) pada komputer, dengan cara menggerakan kursor atau pointer di layar komputer atau laptop. Untuk model dari mouse juga ada banyak, seperti mouse standar, mouse gaming, mouse wireless dll.


3. Touchpad

Fungsi dari touchpad sama seperti mouse, yaitu menggerakan pointer di layar komputer. Bedanya touchpad menggunakan sentuhan untuk menggeser atau menggerakan dari pointer.


4. Track ball

adalah sebuah alat untuk menggerakan pointer atau kursor di laptop atau komputer dengan cara di putar-putar, sebenarnya mouse, touchpad dan tracball memiliki fungsi yang sama cuman cara pemakaian yang berbeda.


5. Microphone dan headphone

adalah sebuah media untuk merekam dan mendengar suara, biasanya microphone berfungsi untuk chating dengan suara, atau merekam suara kita. Dan headphone untuk mendengarkan lagu atau hasil rekaman kita.


6. Joystick

Adalah sebuah piranti atau perangkat yang di buat untuk memudahkan user atau pengguna bermain game di laptop atau komputer.


7. Barcode scanner

Hampir mirip dengan scanner cuman memiliki fungsi yang berbeda. Scanner biasa, digunakan untuk memindai gambar, sedangkan barcode scanner berfungsi untuk memindai kode bar atau barcode. Ituloh kode yang terdiri dari garis tebal dan tipis yang biasanya digunakan di kasir supermarket.


8. Scanner

Sebuah perangkat tambahan yang berfungsi untuk menscan atau memindai bentuk fisik untuk diubah dalam bentuk digital.


9. Web Camera atau webcam

Adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk merekam video atau memotret gambar yang dimaksukan langsung kedelam komputer atau laptop, jadi webcam bisa dibilang sebagai kameranya komputer. Sebagai tambahan webcam juga dapat digunakan untuk video call.


10. DVD Player atau Optical Disc Drive

Berfungsi sebagai pembaca data yang berada di CD/DVD entah itu video/film, musik atau lain-lain. Tapi sebenarnya walaupun tanpa dvd player tersebut komputer kita masih bisa menyala sih tetapi tidak lengkap rasanya jika tanpa komponen yang satu ini.




PROSES
Berfungsi sebagai penghitung dan pemroses data yang dimasukan kedalam komputer.


1. Processor

Processor atau CPU (central processing unit) diibaratkan sebagai otaknya komputer. Processor ini berfungsi sebagai penghitung perhitungan-perhitungan atau mengeksekusi sebuah perintah.


2. RAM

RAM atau Random Acces Memory, adalah sebuah memori yang meyimpan data kita sementara. Seperti aplikasi atau saat kita melakukan multi tasking, jadi saat laptop kita dimatikan data didalam ram maka akan terhapus atau hilang. Kapasitas ram juga mempengaruhi kecepatan dari laptop atau komputer sobat, ram juga memiliki jenis yaitu : SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 dan yang terbaru DDR4.



3. VGA  card

Adalah sebuah kartu grafis yang memiliki fungsi yaitu sebagia penampil/penerjemah perintah pekerjaan ke layar monitor komputer atau laptop. Selain ke layar komputer VGA juga berfungsi menampilkan perintah ke layar lcd atau proyektor, melalui port vga yang berada pada laptop.


4. Motherboard atau Mainboard

Adalah papan sirkuit yang berfungsi untuk menempelkan bagian-bagian komputer dan menyambungkannya satu sama lain. Tanpa ini, maka komponen komputer seperti ram, hardisk, processor dan lain-lain, tidak dapat digunakan. Setiap mother board juga memiliki spesifikasi masing-masing. Semisal berapa maksimal ram yang dapat dipasang dimotherboard tersebut, dan untuk komponen yang lain juga sama. Jadi sebelum membeli komponen untuk komputer perhatikan motherboardnya yahh.


5. Hard Disk


Hardisk atau hardrive adalah tempat untuk menyimpan data secara permanen, berbeda dengan ram yang menyimpan data hanya sementara. Jika jaman sekaranga ukuran hardisk yang memadai adalah minimal 500gb atau 1TB/1000gb. Jenis-jenis hardisk dipasaran adalah IDE, SCSI, SATA dll, sobat bisa cari sendiri. Seperti yang sudah saya singgung, sebelum membeli hardisk cek dahulu motherboard dari komputer sobat, karena berbeda jenis dengan motherboard maka hardisk tidak dapat dipasang.




OUTPUT
Berfungsi sebagai pemberi hasil data yang telah diolah dikomputer


1. Monitor

Monitor atau LCD adalah komponen komputer atau laptop yang memiliki fungsi untuk menampilkan gambar atau grafis dari komputer kita. Sekarang di pasaran terdapat jenis monitor CRT (atau biasa dikenal monitor tabung) dan LCD (Monitor yang tipis itu loh. Biasanya orang-orang dalam membeli monitor untuk komputer mereka adalah yang LCD karena lebih hemat listrik dan lebih modern.


2. Speaker dan Sound Card / Audio Port

Sound Card atau speaker adalah komponen yang berfungsi memberikan hasil berupa suara yang berasal dari komputer. Biasanya tidak semua komputer memiliki speaker maka disediakan port-port untuk menancapkan speaker output atau pendengar suara lainnya.

3. Printer

Adalah komponen tambahan untuk menyetak suatu file bisanya berjenis gambar untuk diubah kebentuk fisik.


4. Proyektor

Projector hampir mirip dengan lcd atau monitor, tetapi proyektor menggunakan cahaya dan memantulkannya ke tembok dalam menampilkan data visual tersebut.




TAMBAHAN
yang tidak termasuk kedalam komponen input, proses dan output


Power Supply
Power supply, jika mobil dan motor memiliki bahan bakar maka power supply ini diibaratkan sebagai bahan bakarnya komputer. Fungsinya adalah sebagai penyuplai arus listrik ke komponen-komponen lain dikomputer.

Casing
Casing adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk tempat dari motherboard, power supply, dvd reader, hardisk dan komponen yang lain.

Cooling Fan dan Heatsink
Cooling fan dan heatsink berfungsi sebagai pendingin pada sebuah komputer. Fungsinya umumnya adalah mendinginkan chipset dimotherboard (processor). Bentuk adalah seperti kipas angin tetapi dalam ukuran yang kecil atau mini.

Port USB
Fungsi dari komponen ini adalah untuk meletakan flashdisk, usb hub, modem, mouse dan lain lain.

Wireless Card
Atau lebih dikenal dengan WLAN (Wireless LAN) adalah komponen yang membantu sobat untuk terkoneksi ke wifi atau jaringan maupun internet.



Itulah komponen komponen komputer beserta fungsinya, jika masih ada yang belum lengkap silahkan tambah dikolom komentar ya, dan seperti biasa see you again.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »