Review Super Lengkap Anime Haikyuu

14:24:00
Mungkin sedikit basi, tapi nggak papa lah. Pada kesempatan kali ini admin akan mereview secara lengkap anime yang sempat populer di beberapa bulan lalu. Yaitu Anime Haikyuu, yap anime yang menceritakan olahraga Volley ini memang beberapa bulan lalu sempat populer. Walaupun rilisnya sudah lama sih, tahun 2014 yang lalu. Jadi review pada kali ini memang cukup telat tapi tidak papa. Berikut Review dan sinopsis lengkap anime Haikyuu.

Review Super Lengkap Anime Haikyuu


Tentang Dasar
Judul      : Haikyuu!!
Status    : Finished, 25 episodes, manga adaptation
Tayang  : 6 April 2014 - 21 September 2014
Genre    : sport, drama, comedy, shonen
Studio    : Production I.G
Director : Susumu Mitsunaka
Music    : Asami Tachibana, Yuuki Hayashi

Seiyuu (Character Voice) :


Main :

- Shouyou Hinata   : Ayumu Murase
- Tobio Kageyama : Kaito Ishikawa

Supporting :

- Koushi Sugawara      : Miyu Irino
- Yuu Nishinoya           : Nobuhiko Okamoto
- Daichi Sawamura      : Satoshi Hino
- Ryuunosuke Tanaka : Yuu Hayashi
- Asahi Azumane         : Yoshimasa Hosoya

Untuk lebih lengkapnya tentang Seiyuu, anime Haikyuu bisa buka artikel dari Admin Edita No Roy Mustang berikut, disitu lebih rinci dijelaskan tentang seiyuu/pengisi suara Haikyuu.



Baca Juga "5 Pengisi Suara Anime Haikyuuhttp://www.ragons.net/2017/02/para-pengisi-suara-anime-haikyuu.html


Review

Anime Haikyuu merupakan anime yang diangkat dari Manga karya Haruichi Furudate dan telah mencapai volume yang ke 16 dan masih ongoing. Untuk animenya diproduksi di rumah produksi yang cukup terkenal, yaitu Production I.G, studio ini juga mengeluarkan anime Kuroko No Basuke series, Ghost in The Shell series, serta Evangelion series.

Cerita (Story) :

Cerita (Story) : haikyuu

Anime ini bercerita tentang seorang siswa yang sudah dari kecil menganggumi permainan Voli, dia mengagumi permainan ini karena dia pernah melihat bintang dari sebuah team voli itu seorang yang berbadan pendek (biasanya pemain bintang dari permainan voli itu pemain yang bertubuh besar dan tinggi), karena dirinya juga yang bertubuh pendek dan melihat pemain bintang yang bertubuh pendek maka akan hal itu dia mendapat inspirasi dan ingin menjadi pemain voli yang profesional.


Anak tersebut bernama Hinata Shoyo. Cerita awal dimulai ketika dia masih smp, dia mendapat kesempatan untuk mewakili smpnya mengikuti lomba voli yang diadakan didaerahnya. Ketika itu Hinata Shoyo yang belum terampil dalam bermain Voli dikalahkan telak oleh lawannya, dimana lawannya itu terdapat seorang yang sangat jenius dalam bermain voli yang bernama Kageyama Tobio. Untuk membalas kekalahannya maka Hinata Shoyo bertekad mengalahkan Kageyama di tingkat SMA, tapi siapa sangka ketika dia Masuk di SMA Karasuno dia malah bertemu dengan Kageyama Tobio (orang yang mengalahkannya dengan telak ketika SMP). Dan dia menjadi anggota team voli SMA Karasuno.


Pada awalnya kedua bocah ini sangat sulit untuk akur, bahkan cenderung berbuat masalah pada team, Hinata yang memiliki potensi dan Kageyama yang jenius dalam bermain bola Voli ini sangat sulit untuk di harmonisasikan. Tetapi kapten team dari Karasuno yang tau akan potensi dari kedua bocah ini, terus mendukung dengan tekadnya sehingga kelak bocah ini dapat mengharmonisasikan kemampuan yang dimilikinya. Dengan harapan bahwa nanti Karasuno menjadi team voli terbaik di Jepang.


Pendapat



 Pendapat tentang haikyuu

Pada awalnya saya saat menonton anime ini itu berfikir, anime ini bergenre sport apakah akan memiliki cerita yang bagus ? sedangkan saya biasa nonto anime yang action (Naruto,OPM,SAO) apakah nanti menarik buat saya ? itu pertanyaan awal saya. Tapi ketika saya memaksakan untuk menonton anime ini, pada episode dan season awal saja saya sudah bisa dibuat tertawa, walaupun anime ini bergenre sport tapi anime ini banyak sekali memasukan unsur-unsur komedi yang menurut saya tidak basi, sehingga bisa menghibur bagi penonton yang menonton anime ini.


Haikyuu itu unik !!! yap, berbeda dengan anime bergenre sport lainnya yang biasanya itu lebih menunjukan skil-skil hebatnya dan skil yang hampir tidak mungkin dilakukan di olahraga aslinya (kenyataan) justru anime Haikyuu mensajikan suguhan anime yang berbeda, karena disini lebih ditampilkan bagaimana kerja team yang bagus, persahabtan antar team yang berpengaruh pada keberhasilan team dan skil-skil yang saya kira tidak seperti fantasy (karena masih mungkin dilakukan didunia nyata). Pokoknya anime sport yang satu ini sangatlah seru sekaligus menghibur.



 Pendapat tentang haikyuu

Pertandingan yang ditampilkan di anime ini pun terasa santai tidak terburu-buru. Dan jika dilihat juga pacenya lebih lambat dibandingkan dengan anime-anime lainya yang sejenis. Tetapi mungkin karena hal tersebut malahan anime ini, memiliki makna tersendiri dihati para penontonnya. Karena disetiap pertandingannya penonton dibuat penasaran akan cerita akhirnya. Dan setiap pertandingan itu sendiri perkembangan dari individu yang dimiliki karakternya itu yang menarik dan ditunggu-tunggu. Dan hal tersebutlah yang mengena di hati para penonton.


Pada anime Haikyuu ini kita disadarkan bagaimana pentingnya kerja sama team. Mungkin kita berpikir dalam kerja sama team yang harus kita lakukan adalah melakukan tugas kita masing-masing dengan maksimal, tetapi dalam anime Haikyuu selain melakukan tugas secara maksimal kita juga harus saling membantu antar anggota sehingga, bukan tugas kita masing-masing yang menuai hasil maksimal, tetapi juga tugas team menuai hasil secara maksimal.



Baca Juga "Rekomendasi 9 anime Fall 2016"


Haikyuu juga dalam hal ini berasil dalam mengangkat popularitas olahraga voli, jadi sebelum mimin menonton anime ini, mimin bahkan tidak tahu menau akan peraturan yang ada di permain bola voli tetapi karena adanya anime ini, yang mengangkat olahraga voli maka sekarang mimin dan penonton lainnya sekarng tahu bagaimana aturan dalam permain bola voli itu sendiri. Dan selain kita tahu mungkin banyak yang dari kita setelah nonton anime ini akan mencoba yang namanya olahraga bola voli, termasuk saya sendiri hehehehe.

Karakter/Tokoh dianime

Dalam hal karakter dan exploritasi, Haikyuu bisa dibilang mendapat acungan jempol. Karena Dalam hal mengexplore si karakter anime ini menempatkan porsi yang sama dalam hal pengembangan disetiap karakternya. Dan yang unik lagi disini, biasanya dalam sebuah anime itu karakter selain pemeran utama dkk (pemeran lawan/pendukungnya) biasanya hanya sebagai figuran semata, tapi beda di anime Haikyuu malahan para figuran tersebut malah mendapatkan posisi yang bisa dibilang bersaing dengan si karakter utama. Jadi ini sangat menarik bagi admin dan untuk lebih jelasna berikut pemaparan karakter Haikyuu.


 - Shouyou Hinata (日向翔陽) :

- Shouyou Hinata (日向翔陽) : Ini adalah karakter utama di anime Haikyuu, pemuda yang bertubuh pendek ini yang bercita-cita menjadi pemain Voli profesional. Ketika dia masih kecil dia melihat pertandingan Karasuno di televisi, dan bertekad untuk menjadi anggota team voli Karasuno. Polos, bodoh, betekad kuat, dan memiliki potensi dan bakat, dialah Hinata si pemeran utama di anime Haikyuu.



 - Tobio Kageyama (影山飛雄) :

- Tobio Kageyama (影山飛雄) : Kageyama Tobio ini dikenal sebagai King of The Court ketika dia masih duduk dibangku SMP, julukan ini tersemat lantaran dia pada saat SMP itu memiliki kemampuan yang sangat bagus sebagai setter/jenius dalam permainan bola Voli. Dikenal juga Kageyama pada saat SMP itu sangat sulit bekerja sama dengan rekan satu teamnya, karena dia itu bertipe orang yang perfeksionis maka jika teman-teman satu teamnya tidak bisa memenuhi keinginannya maka dia akan sangat marah. Tetapi sifat itu memudar ketika dia masuk ke SMA Karasuno dan bertemu dengan Hinata.



 - Koushi Sugawara (菅原孝支) :

- Koushi Sugawara (菅原孝支) : Sugawara adalah setter senior di Team Karasuni, selain hebat dalam melakukan setter dia juga merupakan senior yang lembut dan bijaksana. Terbukti ketika Karasuno bertanding, dia memilih untuk ditempatkan dibangku cadangan, supaya Kageyama yang lebih hebat dari dirinya bisa menjadi pemain Inti.



- Daichi Sawamura (澤村大地) :

- Daichi Sawamura (澤村大地) : Ini dia, kapten dari team Karasuno. Selain hebat dalam bermain bola voli dia juga tegas terhadap kawan-kawannya, tetapi ketegasannya itu hal yang membangun bukan yang menjatuhkan. Maka pantaslah dia memegang kendali sebagai kapten team Karasuno.



- Yuu Nishinoya (西谷夕) :

- Yuu Nishinoya (西谷夕) : Selain Hinata, di team Karasuno juga ada orang yang bertubuh mungil, dia adalah Nishinoya. Dia disini berperan sebagai Libero yang sangat diandalkan untuk pertahannan. Selain tubuhnya yang sama, sifat dari Nishinoya juga hampir mirip dengan Hinata, yaitu periang, bodoh tapi hebat/memiliki potensi.


Seiyuu (Pengisi Suara)

Jadi anime ini sangat lah menarik dan keren. Selain alur ceritannya yang bagus, juga karena didukung oleh para pengisi suaranya Seiyuu yang bagus pula. Disini para seiyuu nya itu performancenya luar biasa dan banyak juga Top class seiyuu yang menghiasai anime ini. Disini para seiyuu nya bisa meluap-luap dan sangat hidup. Jadi untuk seiyuunya jika menilai angka maka 87 lah menurut admin.


Animasi anime

Animasi dari anime Haikyuu sendiri diproduksi oleh Production I.G jadi menurut saya, kualitas dari anime ini tidak usah diragukan lagi, terbukti setelah saya menonton anime ini saya sedikit terpesona dengan kualitas dari gambar anime ini.

Sountracknya
Sountracknya haikyuu

Untuk suara-suara yang ada di anime ini, kebanyakan diisi oleh lagu-lagu akustik instrumental. Tetapi oppening season pertama dan kedua menurut saya terlalu sederhana dan tidak dramatis (seperti animenya). Tetapi soabat akan terbayar dengan oppening season ketiganya yang begitu keren dan luar biasalah.


Keseluruhan/kesimpulan

 Keseluruhan/kesimpulan haikyuu

Jadi untuk kesemuanya, anime ini sangat Recomended banget deh buat kamu. Genre sport yang satu ini benar-benar berbeda, disini sobat akan terhibur, tentang kelucuan, dramanya, persahabatanya, kerja teamnya dan lain-lain deh. TONTON SENDIRI AJAH.


Plus dan Minus

(+) Storyline dan character development yang apik tentang persabahatan, team work dan sportifitas yang disampaikan dengan sederhana tapi menggugah, animasi dan seiyuu performance yang berkualitas.
(-) BGM agak repetitif dan terlalu sederhana. Berpotensi dirasa kurang 'greget' untuk genre sport.

My Rating :

Story         : 10/10
Character : 10/10
Music        : 9/10
Seiyuu      : 10/10
Animasi    : 10/10

OVERALL : 9.8 / 10


Review Super Lengkap Anime Haikyuu Oleh Ryuzaki no Shisoka



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »